West Ham vs Everton 2-3: Romelu Lukaku Cetak Gol Kemenangan

Morrison-Everton

Tak percuma Everton berusaha keras mengamankan Leighton Baines dan mendatangkan Romelu Lukaku di bursa transfer musim panas kemarin. Laga antara West Ham United vs Everton, Sabtu (21/9/2013) di Boleyn Ground, menjadi arena pertunjukkan keduanya. Skor 2-3 yang terjadi tak lepas dari hasil kontribusi dua pemain tersebut.

Pertandingan berjalan delapan menit, Jussi Jaaskelainen sudah berjibaku menyelamatkan gawangnya dari sepakan melengkung kaki kiri Kevin Mirallas. Sementara tuan rumah terlihat masih sulit mengembangkan permainan.

Namun justru West Ham yang mampu unggul dulu di menit 31. Adalah anak muda bernama Ravel Morrison yang mencetak gol pertamanya di Premier League lewat gol yang berbau keberuntungan. Tendangan kerasnya sempat membentur pemain Everton dan membuat Tim Howard mati langkah saat bola meluncur ke gawangnya.

Tertinggal satu gol membuat Roberto Martinez melakukan dua perubahan jelang babak kedua dimulai. James McCarthy dan Lukaku ia masukkan untuk menggantikan Steven Naismith dan Nikica Jelavic yang bermain buruk di babak pertama.

Lukaku nyaris membuat efek instan saat kerjasamanya dengan Mirallas di menit 48 hampir berbuah gol. Jaaskelainen sudah takluk, namun masih ada bek West Ham yang bisa menyapu bola.

Menit 62, sebuah gol indah terjadi di markas West Ham. Bukan untuk tuan rumah, tapi untuk Everton. Adalah Leighton Baines yang melesatkan tembakan bebas dari jarak 25 meter dan gagal dibendung oleh Jaaskelainen. Class!

Namun di menit 76, tuan rumah mengembalikan keunggulan mereka. Pelanggaran McCarthy pada Nolan di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Mark Noble yang menjadi algojo menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Sial bagi Noble. Statusnya kemudian langsung berubah menjadi from hero to zero. Menit 81, ia mendapat kartu kuning keduanya di pertandingan ini setelah melanggar McCarthy. Noble pun diusir keluar lapangan.

Situasi itu terbukti menjadi titik balik perjuangan Everton. Menit 82, kembali satu tendangan bebas dari Leighton Baines mengelabui Jaaskelainen lagi. 2-2!

West Ham kemudian benar-benar mati kutu. Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi Everton yang berhasil mencetak gol kemenangan di menit 85 lewat tandukan Romelu Lukaku setelah menerima umpan silang Mirallas.

Data Pertandingan:

West Ham 2-3 Everton (Morrison 31’, Noble 76’-pen / Baines 62’, 82, Lukaku 85’)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *