Webb Jadi Pengadil Madrid-Dortmund

webbUni Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah menunjuk wasit asal Inggris, Howard Webb, sebagai pengadil pada leg kedua babak semifinal Liga Champions antara Real Madrid dan Borussia Dortmund di Santiago Bernabeu, Selasa (30/4/2013).
Kesempatan itu akan menjadi pertandingan kompetisi antar-klub Eropa kelima yang dipimpin oleh Webb. Selama memimpin pertandingan Liga Champions musim ini, Webb telah mengeluarkan 15 kartu kuning dan satu kartu merah.

Tahun 2010, Webb menjadi pengadil pada final Liga Champions antara Inter Milan melawan Bayern Muenchen, serta partai final Piala Dunia 2010 antara Spanyol dan Belanda. Pun begitu, Webb sempat mendapat kritik setelah pertandingan Spanyol-Belanda karena hanya memberikan kartu kuning kepada Nigel de Jong setelah menendang Xabi Alonso.

Pria berkepala plontos ini juga pernah terlibat friksi dengan entrenador Real Madrid Jose Mourinho saat Mourinho masih menangani Chelsea. Pada tahun 2007 Webb mengusir dua pemain Chelsea dalam final Piala Liga, serta menganulir gol Salomon Kalou saat melawan Blackburn Rovers di bulan September tahun yang sama. Mourinho bahkan meminta Webb meneleponnya dan meminta maaf.

“Saya sudah memberitahu Webb apa yang harus saya katakan. Saya juga mengatakan bahwa saya menunggu ia menelepon untuk minta maaf,” kata Mourinho kala itu.

Madrid memiliki kewajiban untuk memenangkan pertandingan melawan Dortmund dengan selisih 3 gol atau lebih jika ingin lolos ke final. Pada leg pertama di Signal Iduna Park, Dortmund menang dengan skor 4-1 dengan seluruh gol disumbangkan oleh Robert Lewandowski.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *