Vietnam Tundukkan Indonesia 3-1

 

Bola-ilustrasi-shutterstock-759x475

Peluang Timnas U-19 untuk lolos ke babak gugur turnamen Hassanal Bolkiah semakin tipis setelah kembali mengalami kekalahan. Menghadapi Vietnam di laga ketiga, Garuda Jaya gagal meraih tiga poin setelah dipaksa menyerah 3-1.

Dalam laga yang digelar di Hassanal Bolkiah National Stadium, Indonesia mendominasi penguasaan bola. Menghadapi Vietnam, Garuda Jaya mencoba menekan sejak peluit kick-off dibunyikan.

Alih-alih memberikan ancaman, Indonesia yang mendominasi penguasaan bola di awal laga justru tertinggal saat laga memasuki menit ke-5. Melalui eksekusi tendangan bebas, Luong Xuan Truong mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Garuda Jaya meningkatkan intensitas tekanan. Peluang pertama di menit 12 pun lahir lewat kerjasama Hargianto, Maldini Pali dan Ilham Udin.

Namun peluang tersebut gagal dikonversikan menjadi gol setelah sepakan Ilham Udin, yang tinggal berhadapan dengan kiper, melebar di sisi kiri gawang.

Aksi Evan Dimas beberapa kali berhasil membuat barisan belakang Vietnam kedodoran. Di menit 18, kapten tim Garuda melepas tendangan keras ke sisi kiri gawang. Beruntung bagi Vietnam bola masih mampu di Le van Truong.

Vietnam kembali mengancam di menit 25. Melalui eksekusi bola mati, van Toan nyaris menggandakan keunggulan Vietnam jika saja bola gagal dibendung Ravi Murdianto.

Lima menit berselang, Garuda Jaya berbalik mengancam. Mendapat sodoran bola dari Evan Dimas, Ilham Udin yang bebas tidak terkawal di sisi kiri gawang melepas tendangan yang masih mampu di halau van Truong.

Memasuki menit 36, kesalahan barisan tengah Indonesia mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Nguyen Phong Hong Duy. Mendapat bola, pemain bernomor punggung tujuh mencetak sebuah gol indah dari jarak jauh.

Dan di masa injuri, gawang Indonesia kembali bergetar. Nguyen Chong Puong memperlebar jarak sekaligus menutup paruh pertama dengan skor 3-0.

Indonesia mencoba bangkit di babak kedua. Meningkatkan intensitas serangan, Indonesia berpeluang memperkecil kedudukan di menit 50. Mendapat ruang tembak Paulo Sitanggang melepas tendangan jarak jauh namun masih mampu ditepis keluar van Truong.

35 menit bola bergulir di babak kedua, Garuda Jaya yang terus mengurung pertahanan Vietnam akhirnya berhasil mengubah papan skor. Septian David yang baru masuk memperkecil kedudukan menjadi 3-1 di menit 80.

Jelang laga usai, Dimas Drajat nyaris mengubah papan skor. Namun sayang, tandukkannya di masa injuri tersebut masih mampu dimentahkan van Truong. Skor 3-1 untuk kemenangan Vietnam bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan hasil ini, Indonesia tetap tertahan di posisi lima klasemen sementara Grup B dengan satu poin dari tiga laga. Sementara Vietnam beranjak ke puncak klasemen dengan enam poin. Menggeser Kamboja yang memiliki poin sama dengan selisih gol.

Susunan Pemain:
Timnas U-19 : Awan|Fatur.R,Hansamu Yama,Sahrul.K,Ricky Fajrin|Paulo Sitanggang,Evan Dimas(c),Hargianto|Maldini pali,Muchlis Hadi,Ilham Udin
Vietnam U-19 : Van Truong|Van long,Dong Trieu,Van Thiet,Phong|Tuanh Anh,Duc Huy,Van Tanh|Trum Tinh,C.Phuong,Van Toan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *