Van Gaal Tak Tutup Kemungkinan Mainkan Formasi Empat Bek

Gambar 4

Sejak resmi menangani Manchester United, Louis van Gaal langsung menerapkan formasi 3-5-2 ke dalam timnya. Namun, pria asal Belanda itu tidak menampik kemungkinan bermain dengan empat bek.

Formasi tersebut mirip dengan yang diterapkan Van Gaal pada Belanda di Piala Dunia 2014. United kini bermain dengan tiga bek tengah sejajar dan dua orang wingback. Formasi tersebut pada praktiknya juga bisa berubah menjadi 3-4-3.

Bagi Van Gaal, yang amat saklek pada filosofinya, hal tersebut selalu jadi rencananya sejak awal. Tetapi, dia bukan orang yang kaku-kaku amat. Jika suatu hari nanti situasi memaksanya untuk mengubah sistem, ada kemungkinan dia akan melakukannya.

“Sejak pertama tiba di Manchester, saya selalu mencoba menerapkan sistem saya dengan lima pemain bertahan,” ujar Van Gaal di situs resmi klub.

“Mungkin akan ada saatnya saya memainkan formasi empat bek. Tapi, untuk saat ini, semua sesi latihan dibuat untuk bermain dengan sistem lima pemain bertahan.”

Sistem baru ini memaksa pemain-pemain lama United untuk beradaptasi supaya bisa tetap mendapatkan tempat di dalam skuat. Ashley Young, yang posisi aslinya adalah seorang winger, belakangan mengaku siap untuk dimainkan sebagai wingback.

Demikian pula dengan Antonio Valencia, yang sejak masa kepemimpinan Sir Alex Ferguson sudah biasa dijadikan bek kanan dadakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *