Valverde Tinggalkan Valencia

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde ditugasi membawa Valencia lolos ke Liga Champions dan karena gagal menunaikan kewajibannya itu, Valverde pun memilih mundur dari posisinya sebagai entrenador ‘Kelelawar Hitam’.

Valverde dikontrak pada November lalu menggantikan Mauricio Pellegrino yang dinilai gagal mendongkrak prestasi tim di awal musim. Ia dikontrak hingga akhir musim.

Sayangnya misi El Che untuk mentas lagi di Liga Champions, yang jadi target Valverde, urung dicapai pasca kekalahan 3-4 dari Sevilla di pekan terakhir La Liga. Alhasil mereka harus puas finis di posisi kelima dengan 65 poin, kalah satu angka dari Real Sociedad yang menyalip mereka usai menang atas Deportivo La Coruna.

Kegagalan ini nyatanya sudah membuat Valverde memutuskan untuk tak lagi memperpanjang kontraknya sebagai pelatih Valencia dan ia pun akan meninggalkan klub di akhir Juni mendatang.

Selain itu kondisi manajemen tim yang sedang tidak stabil serta krisis finansial klub jadi alasan lain mengapa Valverde memilih mundur dari jabatannya itu.

“Benar jika klub meminta saya memperbarui kontrak. Saya berpikir bahwa klub sedang tidak stabil, kami berusaha begitu keras hingga akhir musim tapi saya khawatir mengenai apa yang akan kami temui musim depan,” tutur Valverde di Football Espana.

“Saya tidak mampu membawa mereka lolos ke Liga Champions. Kepemimpinan wasit di laga Sabtu kemarin tidaklah adil, penalti dan juga kartu merah untuk Jonas membuat tim tidak stabil dan kami jelas terpengaruh situasi itu,” sambugnya.

“Keputusan ini saya ambil secara masak-masak. Sebelum memikirkan untuk mundur beberapa bulan terakhir, Saya tidak pernah memikirkannya ketika tim berada dalam euforia dan kondisinya sedang stabil. Karena bisa saja saya memilih untuk tetap lanjut, tapi saya sudah membuat keputusan ini dan inilah yang saya ambil. Cukup sudah,” demikian dia.

Eks pemain Valencia, Miroslav Djukic, digadang-gadang jadi pengganti Valverde yang diisukan akan kembali ke Athletic Bilbao musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *