Tottenham vs Sunderland 1-0

Tottenham vs Sunderland 1-0

Pertandingan antara Tottenham Hotspur vs Sunderland di White Hart Lane, Minggu (19/5/2013), berakhir dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Gareth Bale. Namun sayangnya, kemenangan ini gagal membawa Spurs ke Liga Champions musim depan karena disaat bersamaan, Arsenal menang dengan hasil 0-1 di kandang Newcastle United.

Spurs butuh meraih kemenangan kali ini sembari berharap Arsenal terpeleset di kandang Newcastle demi memastikan satu tempat ke Liga Champions musim depan. Maka, tak heran jika Bale dkk sudah bermain agresif sejak menit pertama. Namun hingga menit 20, tak ada satupun peluang berbahaya yang berhasil dikonversi menjadi gol. Situasi itu sampai membuat Bale melakukan diving di kotak penalti Sunderland setelah ia mendapat gangguan dari Sebastian Larsson. Wasit Andre Marriner memberi kartu kuning pada Bale.

Beberapa menit kemudian, giliran percobaan tendangan dari jarak jauh yang dicoba Spurs untuk membelah pertahanan Sunderland. Satu sepakan keras dari Tom Huddlestone masih bisa diamankan oleh Simon Mignolet.

Memasuki setengah jam, giliran gawang Spurs yang terancam oleh duet striker tim tamu. Danny Graham bekerja dengan bagus untuk menciptakan peluang bagi tandemnya, Connor Wickham. Sayang, penyelesaian Wickham masih tak cukup bagus untuk bisa menaklukkan Hugo Lloris.

Menit 40, blunder fatal nyaris dilakukan oleh John O’Shea. Bermaksud menyundul bola untuk dikembalikan pada Mignolet, O’Shea tak sadar ada Bale yang mengintainya dari belakang. Dan benar saja, Bale bergerak cepat untuk merebut bola yang sayangnya masih belum juga membuahkan gol.

Tiga menit babak kedua berjalan, Benoit Assou-Ekotto mampu memenangi adu lari dengan Larsson. Ia kemudian mengirim umpan silang yang gagal digapai oleh Bale maupun Emmanuel Adebayor. Bola kemudian mampir di kaki Aaron Lennon yang sayangnya tendangannya masih melebar.

Spurs harusnya mendapat hadiah tendangan penalti di menit 51. Carlos Cuellar yang bermaksud menghadang laju Adebayor justru terjatuh dan bola terlihat mengenai tangannya di kotak penalti Sunderland. Namun wasit tak menghiraukan kejadian tersebut.

Menit 54, Spurs harusnya bisa unggul. Bale mengirim tendangan bebas keras yang bisa ditepis Mignolet. Bola muntah jatuh di kaki Jan Vertonghen yang kemudian memberi bola pada Huddlestone. Sayangnya, meski Mignolet sudah out of position, bola tendangan Huddlestone masih melambung.

Mignolet benar-benar dibuat sibuk oleh para pemain Spurs di laga ini. Memasuki menit 63, Huddlestone mengirim umpan tendangan pojok yang disambar kepala Michael Dawson. Mignolet berhasil menepis bola.

Sunderland akhirnya harus bermain dengan 10 orang di menit 75. David Vaughan diusir wasit setelah ia mengoleksi kartu kuning kedua akibat melanggar Lennon.

Hanya menghadapi sepuluh pemain, barulah Spurs bisa mencetak gol. Sebuah gol berkelas kembali diciptakan Gareth Bale. Aksi individunya berhasil membongkar pertahanan tim tamu dan dilanjutkan sebuah lesatan keras dari luar kotak penalti yang memang susah dihalau Mignolet. Sayang, kemenangan ini terasa hambar bagi Spurs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *