Suarez Bawa Uruguay Jinakkan Prancis

suarez3

Montevideo : Gol tunggal striker Luis Suarez membantu Uruguay meraih kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Prancis pada laga uji coba yang digelar di Stadion Centenario, Montevideo, Kamis (6/6) dinihari WIB.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Uruguay untuk terjun di Kualifikasi Piala Dunia 2014 pekan depan dimana mereka akan dijamu Venezuela. Sedangkan Prancis pada laga selanjutnya akan berjumpa Brasil juga pada laga uji coba.

Prancis mampu mendominasi jalannya babak pertama. Beberapa peluang didapat pasukan Dider Deschamps diantaranya melalui Dimitri Payet dan Yoann Gourcuff. Namun, kiper Fernando Muslera tampil cemerlang di bawah mistar gawang.

Buruknya penampilan Uruguay di babak pertama membnuat pelatih Oscar Tabarez memasukkan Suarez di babak kedua menggantikan Diego Forlan. Keputusan ini terbukti jitu. Baru lima menit berada di lapangan Suarez mampu mencetak gol usai meneruskan umpan dari Maxi Pereira.

Prancis berpeluang menyamakan skor di akhir laga bila saja tendangan dari gelandang Newcastle United Yohan Cabaye tidak digagalkan oleh Muslera.

Jalannya pertandingan:
Tuan rumah langsung mendapatkan peluang besar, melalui Martin Caceres di menit ke-10. Memanfaatkan umpan kiriman dari Diego Forlan, namun Caceres sepakannya terlalu tertinggi, bola melayang tipis di atas mistar Steve Mandanda.

Menit ke-16, Uruguay kembali mendapatkan peluang, yang ali ini didapat oleh Edinson Cavani. Kesempatan kedua yang dimiliki tuan rumah pun juga sirna, setelah sepakan pemain Napoli itu terlalu lemah, sehingga dengan mudah diamankan oleh Mandanda.

Prancis baru mendapatkan peluang pertamanya saat menit menginjak usia 21. Bola indah hasil umpan dari Gourcuff disambut oleh Matuidi, yang sayangnya masih melayang di atas mistar gawang Muslera. Skor 0-0 ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, melakukan beberapa pergantian pemainnya. Salah satunya Forlan digantikan oleh Luis Suarez demi bisa mempertajam daya gedor, serta bek Diego Lugano digantikan oleh Andres Scotti.

Terbukti lima menit baru berada di lapangan, Suarez memecah kebuntuan dengan mencetak gol perdana di laga ini. Pemain Liverpool itu melewati beberapa punggawa Prancis, termasuk kiper Mandanda, untuk menjebol gawang Ayam Jantan. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Prancis merespons gol Suarez dengan melakukan beberapa pergantian pemain. Pelatih Didier Deschamps terpaksa mengganti Olivier Giroud untuk memasukkan Bafetimbi Gomis.

Menit ke-79, Prancis terus mengurung pertahanan tuan rumah, sekaligus mengancam gawang Uruguay. Tendangan keras Matuidi dari luar kotak penalti, mampu ditepis oleh Muslera dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Keasyikan menyerang, gawang Prancis dikejutkan dengan serangan balik yang dilakukan tuan rumah pada menit ke-82. Beruntung, peluang tersebut masih bisa digagalkan oleh Mandanda. Skor tetap untuk keunggulan Uruguay 1-0.

Tambahan tiga menit yang diberikan wasit Antonio Arias asal Paraguay, coba dimanfaatkan Prancis untuk menyamakan kedudukan. Namun permainan cukup rapi dan stabil membuat gawang Muslera masih aman dari kebobolan, yang bertahan hingga pertandingan usai. Skor 1-0 pun diraih Uruguay.

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi La Celeste, julukan Uruguay dalam menyambut Piala Dunia mini di Brasil. Sedangkan bagi Prancis, laga ini menjadi pelajaran berarti untuk menyambut laga persahabatan berikutnya menghadapi Brasil, Senin (10/6/2013) dini hari mendatang.

Susunan Awal:
Uruguay: F. Muslera, D. Lugano, M. Pereira, M. Cáceres, Á. Pereira, S. Coates, W. Gargano, E. Arévalo, N. Lodeiro, D. Forlán, E. Cavani

Prancis: S. Mandanda, B. Sagna, B. Trémoulinas, L. Koscielny, E. Mangala, B. Matuidi, M. Valbuena, Y. Gourcuff, E. Capoue, D. Payet, O. Giroud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *