Steven Gerrard pensiun

steven gerrardKapten tim nasional (timnas) Inggris Steven Gerrard mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional, demikian disebutkan FA, Senin.

Gelandang Liverpool itu tampil sebanyak 114 kali untuk negaranya setelah melakukan debutnya saat Inggris menang 2-0 atas Ukraina di Wembley pada 2000.

“Saya menikmati setiap menit (bermain) mewakili negara saya, dan ini merupakan hari yang menyedihkan bagi saya untuk mengetahui bahwa saya tidak akan mengenakan kaus Inggris lagi,” kata pemain 34 tahun itu kepada situs resmi FA (www.thefa.com).

Penampilan Gerrard pada Piala Dunia di Brazil bulan lalu merupakan keenam kalinya ia memperkuat Inggris di turnamen utama, namun itu berakhir dengan kegagalan ketika pasukan Roy Hodgson tereliminasi di fase grup.

Gerrard mengatakan dirinya pensiun dari sepak bola internasional sebagai bagian untuk memastikan dirinya tetap dapat bermain di level tinggi bersama Liverpool.

“Saya ingin berterima kasih kepada keluarga dan teman-teman saya untuk semua dukungan mereka sepanjang perjalanan saya (bersama timnas) Inggris,” tambah Gerrard.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah menjadi bagian dari karier internasional saya, dari para pelatih Inggris yang saya pernah bermain di bawah asuhannya, staf di FA dan, tentu saja, semua pemain yang saya beruntung pernah bermain bersama mereka.”

“Pada khususnya, para penggemar yang begitu mengagumkan, seperti saat di Brazil ketika mereka mendukung tim meski terdapat hasil-hasil yang mengecewakan.”

“Saya secara khusus ingin berterima kasih kepada Roy (Hodgson), pertama-tama untuk menjadikan saya kapten permanen ketika ia mengambil alih pekerjaan itu, membuat saya menjadi pria paling berbangga hati di seluruh negeri dan mengizinkan saya memenuhi impian masa kecil saya.”

“Ia sangat pengertian selama beberapa pekan terakhir dan merupakan sosok yang akan selalu saya junjung tinggi.”

“Ini merupakan keputusan yang sangat sulit, salah satu yang terberat yang harus saya ambil dalam karier saya. Saya telah menderita karena hal ini sejak kembali dari Brazil dan telah berbicara dengan keluarga, teman-teman, dan orang-orang dekat pada permainan ini sebelum sampai ke titik ini.”

“Yang terpenting, Brendan (Rodgers, pelatih Liverpool) begitu fantastis dan tentu saja saya harus melihat tubuh saya sendiri sebisanya untuk memastikan saya dapat memberikan segalanya ketika saya kembali ke lapangan.”

“Untuk memastikan saya tetap dapat bermain di level yang tinggi dan memberikan segalanya untuk Liverpool Football Club, saya percaya bahwa ini keputusan yang tepat, dan memiliki Liga Champions yang kembali ke Anfield merupakan faktor besar lainnya dalam keputusan saya.”

Gerrard akan meneruskan hubungan kuatnya dengan FA, dalam “peran sebagai duta profil tinggi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *