Ryan Babel,Eks Penggawa Liverpool Lanjutkan Karier di Turki

Ryan Babel

Mantan bintang Ajax Amsterdam dan Liverpool, Ryan Babel, dikabarkan telah sepakat dengan tawaran kontrak kerja tiga musim yang disodorkan klub Super Lig Turki, Kasimpasa. Klub yang bermarkas di Recep Tayyip Erdogan Stadium ini ditangani Shota Arveladze, mantan pemain Godenzonen—julukan Ajax—di periode 1997-2001.

Kabar kesepakatan Babel, 26 tahun, tersebut diungkapkan Chief Executive Klub Oguz Erkan. “Kami telah menyepakati segala sesuatunya terkait kontrak personal dengan Babel. Kami akan memberinya kontrak kerja berdurasi tiga musim,” ujar Erkan seperti yang dikutip Radyospor.

Babel memulai kariernya di Amsterdam Arena pada musim 2004-2005. Setelah tiga musim bermain bersama Ajax dengan torehan 14 gol dari 73 partai Eredivisie, Babel dibajak Liverpool yang membelinya dengan fee transfer 11,5 juta pound pada 13 Juli 2007.

Sayangnya, kiprah Babel di Anfield Stadium terbilang jauh dari menggembirakan, hanya mampu mencetak 12 gol dari 91 partai premiership. Walhasil, pada Januari 2011, Babel dilego ke TSG Hoffenheim dengan banderol 8 juta pound. Meski meneken kontrak dua setengah tahun, Babel diputus kontraknya pada 31 Agustus 2012.

Babel pun kembali ke Amsterdam dan bermain bersama Ajax yang mengikatnya dalam kontrak pendek selama setahun. Faktor cedera kembali menghantui Babel yang hanya mampu bermain dalam 16 partai. Ajax pun tak mau memperpanjang kontraknya. Sempat dikabarkan dilirik Real Betis, akhirnya Babel berlabuh ke Istanbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *