Preview : Shakhtar Donetsk Bermain Imbang Dikandang sendiri

sha
Shakhtar Donetsk masih gagal memetik kemenangan pertama mereka atas Borussia Dortmund setelah hanya bisa bermain imbang 2-2 di Stadion Donbass Arena.

Dortmund nampaknya harus benar-benar berterima kasih kepada Robert Lewandowski dan Mats Hummels yang membuat mereka selamat dari lubang jarum setelah dua kali tertinggal oleh gol Darijo Srna dan Douglas Costa.

Meski bermain di kandang lawan, Dortmund tetap bisa tampil sedikit lebih mendominasi. Akan tetapi, justru Shakhtar lah yang sukses mencuri gol pada menit ke-31 setelah Srna sukses mengoyak gawang Roman Weidenfeller melalui bola mati.

Akan tetapi, jelang berakhirnya babak pertama, tepatnya menit 41, Lewandowski kembali membuat kedudukan kembali imbang. Penyerang asal Polandia ini memang gagal menyambar bola pada kesempatan pertama, namun pada percobaan keduanya, ia sukses mengirim bola meluncur mulus ke dalam gawang Shakhtar.

Di babak kedua mampu tampil lebih baik guna meraih hasil positif pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini. Usaha keras mereka pun terbayar kala sepakan voli keras Costa mampu bersarang di pojok gawang Weidenfeller.

Tertinggal satu gol, membuat Dortmund tak patah arang. Serangan-demi serangan terus mereka lancarkan guna untuk membuat kedudukan kembali imbang. Lagi-lagi, Dortmund harus membuat para pendukung tuan rumah melalui gol di menit akhir. Kali ini giliran Hummels yang mengoyak gawang Andriy Pyatov pada menit 87 setelah sukses menanduk bola dari skema tendangan penjuru.

Kemenangan tersebut jelas membuat Dortmud sedikit berada di atas angin kala menatap leg kedua di Westfalenstadion. Pasalnya, hasil imbang 0-0 atau 1-1 sudah bisa membuat mereka melenggang ke babak perempat final Liga Champions musim ini.

Selain itu, hasil imbang ini juga sedikit menyesakkan bagi Shakhtar yang masih gagal untuk memetik kemenangan pertama mereka atas wakil Jerman tersebut. Tercatat dari tiga kali pertemuan (termasuk pertandingan kali ini), Shaktar hanya mampu meraih satu kali hasil imbang dan dua kali kalah.

Susunan pemain kedua tim:
Shakhtar (4-2-3-1): Pyatov; Srna, Rakitskiy, Chygrynskiy, Rat; Hubschman, Fernandinho (kuning 69′); Alex Teixeira (Eduardo 84′), Mkhitaryan, Taison (D. Costa); Luiz Adriano.

Dortmund (4-2-3-1): Weidenfeller; Piszczek, Hummels, Santana, Schmelzer; Kehl, Bender; Blaszczykowski (Leitner 80′), Gotze, Reus (Schieber 90′); Lewandowski.

Statistik:
Penguasaan bola: 44 – 56
Shot(on goal): 8(3) – 17(7)
Sepak Pojok: 4 – 6
Offside: 2 – 0
Pelanggaran: 11 – 15
Kartu kuning: 1 – 0
Kartu merah: 0 – 0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *