Prediksi Dortmund vs Real Madrid

dortmund vs real madridPertemuan Borussia Dortmund kontra Real Madrid pada leg I semifinal Liga Champions pada Rabu (24/4) nanti menjanjikan sebuah pertandingan menarik. Pasalnya, kedua tim sama-sama memiliki filosofi yang sama dalam bermain, yakni tampil menyerang.

Lewandowski menjadi salah satu kunci sukses Die Borussen. Penyerang internasional Polandia itu mencetak sebuah gol dan assist dalam dua penampilannya melawan Madrid.
Pesepakbola berusia 24 tahun ini baru saja mengukir gol ke-23nya di liga atau yang ke-31 di seluruh kompetisi dengan sebuah gol ke gawang Mainz untuk membawa Dortmund menang 2-0. Lewandowski menginginkan produktivitasnya berlanjut saat berhadapan dengan Madrid.
“Pertandingan tadi cukup lucu (melawan Mainz). Kami fokus untuk memenanginya tapi selalu ada Real di pikiran kami,” ungkap Lewandowski di situs resmi Dortmund.

Hingga babak perempat final, Madrid dan Dortmund memiliki statistik agresivitas yang baik. Los Blancos tercatat sebagai tim dengan jumlah shot on target tertinggi sebanyak 119 kali. Di bawahnya, bercokol Dortmund dengan jumlah 94 kali. Sedangkan untuk urusan gol Madrid unggul dengan jumlah 23 gol, sementara Dortmund mencetak 19 gol.

Sejauh ini, Madrid kerap memetik hasil positif saat melawan tim yang menganut filosofi menyerang. Pada fase knock-out Liga Champions, Los Blancos sukses menyingkirkan Manchester United dan Galatasaray. Daftar korban Madrid bertambah jika memasukkan Barcelona yang ditaklukkan di ajang Liga BBVA dan Copa del Rey.

Akan tetapi, upaya Madrid untuk memetik hasil positif tidaklah ringan. Pasalnya, Dortmund memiliki keseimbangan permainan apik. Agresivitas dalam melakukan serangan diimbangi ketangguhan lini pertahanan. Di antara semifinalis lain, tim arahan Jürgen Klopp tersebut menderita kebobolan paling sedikit, yakni sembilan gol.
Selain itu, Madrid juga dihadapkan pada tantangan lain berupa keangkeran Stadion Signal Iduna Park. Sepanjang musim ini, Dortmund mencatat rekor sempurna di markasnya. Sementara itu, Madrid belum pernah mencatat kemenangan dalam lawatannya ke stadion ini.

Dalam dua perjumpaan pertama di fase grup, Dortmund mampu mencatat kemenangan 2-1 atas Madrid di Signal Iduna Park dan imbang di Santiago Bernabeu.Hasil di Signal Iduna Park menjadi satu-satunya kemenangan yang pernah diraih Dortmund kala bersua Madrid. Pada empat perjumpaan sebelumnya di Liga Champions, situasi justru berbalik. Madrid menang dua kali pada laga kandang dan meraih hasil seri saat tandang ke Dortmund.

Madrid belum pernah meraih kemenagan dalam tiga lawatan ke markas Dortmund dengan sekali kalah dan dua kali seri.Fakta menariknya, Madrid berpengalaman menyingkirkan Dortmund di babak semifinal Liga Champions 1997-98. Setelah menang 2-0 di Santiago Bernabeu lewat gol Christian Karembeu dan Fernando Morientes, pada leg II El Real menahan Dortmund tanpa gol di Westfallen.Ketika itu, status Dortmund adalah juara bertahan Liga Champions. Dan berkat kemenangan di semifinal itu, Madrid pun tampil sebagai kampiun.

Fakta menarik menjadi modal bagus Dortmund dalam menyambut Madrid. Mereka menjadi tim dengan rekor kandang terbaik dibanding empat semifinalis Liga Champions musim ini. Menyapu bersih lima kemenangan dengan kombinasi gol 10-3.Rekor kandang Dortmund setiap menjamu klub Spanyol adalah menang 5 kali, seri 3 kali dan 2 kali kalah.
Musim ini menjadi partai semifinal ketiga yang pernah dilakoni Dortmund. Dalam dua kesempatan sebelumnya, Dortmund sekali menang (kontra Manchester United) dan berhasil juara pada musim 1996-97, serta sekali kalah dari Madrid, semusim setelahnya. Nuri Sahin cukup mengenal isi ruang ganti Madrid karena pernah bermukim di sana pada musim lalu.
Dortmund cuma tak akan diperkuat Nats Hummels yang mengalami cedera. Sisanya siap tempur.
Dibekuk 2-3 di kandang Galatasaray (perepat final) menjadi kekalahan ketiga Madrid di laga tandang Liga Champions sejak 17 laga ditukangi Jose Mourinho.Total, Madrid sudah 50 kali berjumpa tim asal Jerman dengan catatan 21 kemenangan, 10 seri dan 19 kali kalah. Rekor tandang ke Jerman menjadi mimpi buruk bagi Madrid. Dari 24 kesempatan, cuma sekali menang, 5 seri dan 17 kali kalah saat berkunjung ke Jerman.

Rekor Madrid dalam pertemuan dua leg dengan tim Jerman di kompetisi UEFA adalah menang 11 kali dan kalah 7 kali. Mesut Ozil punya misi khusus dalam laga ini. Dia pernah memperkuat tim asal tanah kelahirannya, Schalke 04, yang notabene local rivals Dortmund.

Cristiano Ronaldo sudah mencetak 11 gol di Liga Champions musim ini. Butuh tiga gol tambahan untuk menyamai rekor Lionel Messi pada musim lalu. Madrid tak akan diperkuat Alvaro Arbeloa yang menjalani skorsing. Marcelo pun kemungkinan absen karena cedera. Sedangkan kondisi Karim Benzema dan Luka Modric masih diragukan.

Head To Head Borussia Dortmund vs Real Madrid :
07 Nov 2012 : Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund (Liga Champions)
25 Okt 2012 : Borussia Dortmund 2-1 Real Madrid (Liga Champions)
20 Ags 2009 : Borussia Dortmund 0-5 Real Madrid (Friendly Match)
25 Feb 2003 : Borussia Dortmund 1-1 Real Madrid (Liga Champions)
19 Feb 2003 : Real Madrid 2-1 Borussia Dortmund (Liga Champions)

5 Pertandingan Terakhir Borussia Dortmund :
20 Apr 2013 : Borussia Dortmund 2-0 Mainz (Bundesliga)
13 Apr 2013 : Greuther Furth 1-6 Borussia Dortmund (Bundesliga)
10 Apr 2013 : Borussia Dortmund 3–2 Malaga (Liga Champions)
06 Apr 2013 : Borussia Dortmund 4-2 Augsburg (Bundesliga)
04 Apr 2013 : Malaga 0-0 Borussia Dortmund (Liga Champions)

5 Pertandingan Terakhir Real Madrid :
20 Apr 2013 : Real Madrid 3-1 Levante (La Liga)
15 Apr 2013 : Athletic Bilbao 0-3 Real Madrid (La Liga)
10 Apr 2013 : Galatasaray 2-3 Real Madrid (Liga Champions)
06 Apr 2013 : Real Madrid 5-1 Levante (La Liga)
04 Apr 2013 : Real Madrid 3-0 Galatasaray (Liga Champions)

Prediksi Skor Borussia Dortmund vs Real Madrid : (2 – 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *