Piala-Konfederasi 2013 – Uruguay Wajib Menang Melawan Nigeria

luiSuarez2

Kekalahan atas Spanyol membuat Uruguay berada pada situasi sulit dimana mereka harus membungkam Nigeria jika ingin lolos dari fase grup. Pasalnya, The Eagles baru saja pesta gol ke gawang wakil Oseania, Tahiti.

Pada pertandingan lain, Spanyol diprediksi akan menang mudah atas Tahiti dan memastikan tempat di semifinal. Sementara itu, jika berhasil mengungguli La Celeste, Nigeria dipastikan jadi wakil grup B pada fase selanjutnya.

Pelatih Oscar Washington Tabarez menyadari betul bahaya yang mengancam timnya karena jika gagal menang, mereka bakal mengepak koper lebih awal dari Brasil. Duet maut di lini depan, Luis Suarez dan Edinson Cavani diharapkan jadi penentu langkah selanjutnya bagi Uruguay.

Akan tetapi, berbekal skuad muda nan matang, Nigeria asuhan Stephen Keshi terbukti dapat tampil konsisten meski ‘hanya’ melawan tim yang kultur sepak bolanya tak begitu kentara tersebut. Kini, mampukah Uruguay yang notabene adalah tim terbaik di Amerika Selatan, lolos dari momen penghakiman mereka?

Kedua tim belum pernah bersua sebelum laga ini dilangsungkan. Nigeria berhasil meraih kemenangan pada laga teranyar mereka kontra wakil Amerika Selatan (3-1 vs Venezuela). Sementara hasil maksimal juga direngkuh Uruguay pada pertemuan terakhir mereka melawan wakil Afrika (2-0 vs Angola).

Jawara Piala Afrika itu kebobolan enam gol dalam tujuh laga terakhir. Sejak dibungkam Peru pada Mei 2012, Nigeria sampai saat ini berstatus belum terkalahkan.

Nnamdi Oduamadi jadi pencetak gol terbanyak sementara Piala Konfederasi berkat hat-trick  ke gawang Tahiti.Pada laga terakhir yang dimenangkan Spanyol (2-1), Uruguay hanya melesakkan enam tembakan dan persentase penguasaan bola sebesar 29 persen.

Dalam 10 laga di semua kompetisi, Uruguay baru menang tiga kali. Sebanyak 10 gol telah dicetak Luis Suarez sejak gelaran Pra Piala Dunia 2014 hingga Piala Konfederasi dilangsungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *