PIALA DUNIA U-20: Menang Dramatis atas Chile, Ghana Lolos ke Semifinal

piala duniau20

Melalui pertarungan sangat dramatis, Ghana akhirnya memastikan lolos ke semifinal Piala Dunia Junior (FIFA World U-20) setelah menang 4 – 3 atas Chile dengan dua gol yang dicetak hanya dalam 7 menit terakhir perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Pertandingan yang digelar pada Senin (8/7/2013) dini hari WIB di Stadion Turk Telekom Arena, Istanbul, Turki, berjalan cepat, keras, dan cukup berimbang. Laga terakhir babak perempat final World Cup U-20 ini dipimpin oleh wasit asal Italia, Nicola Rizzoli.

Black Satellites, julukan Ghana, sudah unggul ketika baru 11 menit pertandingan berjalan, Moses Odjer melepas tendangan keras dari dalam kotak penalti ke sudut kanan atas gawang Chile setelah mengontrol umpan yang dilepas Ebenezer Assifuah.

Namun, Nicolas Castillo segera membalas 12 menit kemudian sehingga skor imbang 1 – 1. Chile kemudian berbalik memimpin 2 – 1 ketika Angelo Henriquez hanya 4 menit kemudian melepas tendangan keras mendatar terukur dari luar kotak penalti ke pojok kanan bawah gawang Ghana yang dijaga oleh Eric Ofori Antwi.

Ghana bangkit dan membuat skor imbang 2 – 2 melalui Assifuah pada menit ke-72. Hasil itu memaksa dilakukan perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Chile memimpin lagi 3 – 2 ketika pada menit ke-98 Henriquez menyambar dengan kepala umpan jauh Claudio Baeza.

Tetapi Ghana mempertahankan spirit bertanding yang tinggi. Mereka seolah bukan lagi mewakili negaranya, melainkan lebih dari itu mewakili Benua Hitam dan berjuang mempertahankan kehormatannya.

Serangan bergelombang Ghana menghasilkan dua bidikan yang menghantam tiang kiri gawang Chile. Tidak putus asa, pada menit ke-113 Seide Salifu memanfaatkan umpan pendek Clifford Aboagye untuk memaksakan skor imbang lagi.

Gol kemenangan Ghana datang pada 1 menit masa injury time pada perpanjangan waktu. Kerja keras Frank Acheampong yang menyisir sisi kiri wilayah pertahanan Chile diakhiri tandukan Assifuah yang walaupun pelan, gagal diantisipasi pemain belakang Chile yang salah komunikasi. Bola pun menerobos di antara dua pemain belakang Chile untuk perlahan bergulir ke dalam gawang, 4 – 3 di detik terakhir.

Pada semifinal Rabu (10/07) malam WIB Ghana akan jumpa Prancis yang lebih dulu lolos dengan mengalahkan Uzbekistan 4 – 0.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *