Piala Dunia U-20 : Kroasia vs Chile 0-2

piala duniau20

Skor 0-2 menjadi hasil akhir pertandingan babak 16 besar Piala Dunia U-20 2013 antara Kroasia vs Chile di Ataturk Stadium, Rabu (3/7/2013). Sempat mengalami deadlock, Chile akhirnya meraih dua gol kemenangannya hanya beberapa menit jelang pertandingan usai.

Pertandingan awalnya berjalan dengan tempo yang begitu “tenang”. Kedua tim serasa masih berhati-hati dalam membaca permainan lawan. Terbukti dengan tidak adanya peluang berarti yang tercipta di menit-menit awal.

Pertandingan baru berjalan terbuka dan menarik jelang masuk menit 30. Diawali dari peluang yang didapat Nicolas Castillo di menit 29 saat bola tembakannya masih meleset.

Semenit kemudian, Ante Rebic mengetes kiper Chile, Dario Melo, lewat tendangan kerasnya. Melo berhasil menggagalkan upaya striker Kroasia tersebut.

Tak ada gol yang tercipta di babak pertama meski di barisan penyerang kedua tim terdapat nama yang tidak bisa dianggap remeh, yakni Marko Livaja yang bermain di Serie-A Italia serta ada Angelo Henriquez di kubu Chile yang merupakan striker milik Manchester United yang musim lalu dipinjamkan ke Wigan Athletic.

Laga pun kemudian berjalan menarik di babak kedua. Diawali tembakan Livaja di menit 48 yang masih meleset, Chile membalas lewat Henriquez dua menit kemudian dengan hasil yang sama.

Pemain Chelsea, Cristian Cuevas, menjadi pemain berikutnya yang membuat Oliver Zelenika membuat penyelamatan. Nicolas Maturana yang baru masuk di babak kedua pun juga tak luput dalam membahayakan gawang Zelenika di menit 61.

Gol akhirnya tercipta di menit 80. Sebuah umpan dari Sebastian Martinez dengan apik ditanduk oleh striker utama Chile, Nicolas Castillo. Zelenika tak bisa berbuat banyak melihat bola masuk ke gawangnya.

Tertinggal satu gol membuat pemain Kroasia sepertinya hanya berkonsentrasi pada penyerangan. Hal itu berakibat fatal karena akhirnya Chile mampu menambah gol yang ironisnya merupakan gol bunuh diri oleh Jozo Simunovic. Chile pun melenggang ke babak perempat final.

Data Pertandingan:

Kroasia 0-2 Chile (Castillo 80’, Simunovic 84’-og)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *