PIALA DUNIA U-20 : Ghana Tumbangkan Portugal

piala duniau20

Satu lagi tim favorit turnamen tumbang di Piala Dunia U-20 yang digelar di Turki. Setelah Yunani tersingkir, kini giliran wakil Eropa lainnya masuk kotak. Portugal, yang digadang-gadang bisa menembus pertarungan hingga puncak, tak kuasa menghadapi amukan tim Afrika, Ghana dan kalah 2-3, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Kadir Has, Kayseri, Rabu (3/7/2013).

Ghana lebih dulu unggul melalui Kennedy Ashia di menit ke-19. Portugal menyamakan kedudukan lewat aksi Tiago Ferreira pada menit ke-71. Dan dari sinilah drama dimulai. Dua menit setelah gol Tiago, Portugal sempat membuka keunggulan setelah melalui gol yang dilesakkan Edgar Ie. Namun Ghana membalikkan kedudukan dalam drama enam menit. Pada menit ke-79 Michael Anaba membungkam kubu Portugal dengan golnya, disusul gol ketiga Ghana yang dipersembahkan Yiadom Boakye di menit ke-85.

Dengan hasil ini, Ghana di babak perempatfinal akan menantang Chile yang di saat bersamaan mengalahkan Kroasia 2-0. Dua gol Kroasia terjadi hanya dalam 10 menit di akhir-akhir babak kedua. Nicolas Castillo membuka keunggulan bagi Chile, disusul gol kedua yang merupakan gol bunuh diri pemain Kroasia Jozo Simunovic. Gol bunuh diri ini sekaligus menamatkan perlawanan Kroasia.

Kejutan

Kemenangan Ghana menjadi kejutan karena Portugal memperlihatkan penampilan cukup impresif pada babak penyisihan Grup B. Dimulai dengan kemenangan 3-2 atas Nigeria, lalu ditahan Korea Selatan 2-2 dan ditutup dengan kemenangan besar 5-0 atas Kuba.

Daya serang Portugal yang dikoordinasi Bruma gagal membongkar pertahanan Tim Satelit Hitam Ghana yang tampil sangat solid. Ghana konsisten memberikan perlawanan melalui serangan balik, hingga tendengan geledek dari jarak 30 yard yang dilakukan Kennedy Ashia gagal ditepis kiper Portugal, Jose Sa.

Dengan demikian, enam tim sudah memastikan diri melangkah ke babak perempatfinal. Uruguay akan bertemud engan Spanyol, Prancis menantang Uzbekistan, sedangkan Ghana bertemu Chile. Dua tempat perempatfinalis saat berita ini diturunkan masih diperebutkan antara Kolumbia melawan Korea Selatan dan Irak melawan Paraguay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *