Pembunuh Raksasa Cape Verde Jadi Unggulan

cape-130909cKepulauan Cape Verde tidak hanya melanjutkan statusnya sebagai pembunuh raksasa Benua Afrika usai meraih tiket menuju babak play-off kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014, tapi juga berubah harkat dan martabatnya seiring dengan bakal ditetapkannya Si Hiu Biru, julukan Cape Verde, menjadi tim unggulan dalam undian babak terakhir kualifikasi.

Cape Verde menjadi buah bibir Benua Hitam menyusul kejutan yang ditorehnya dengan memukul Tunisia 2-0 di matchday terakhir penyisihan Grup B di Rades, Sabtu, 7 September lalu. Hasil yang membawa anak-anak asuhan Lucio Antunes lolos ke fase play-off. Sebelumnya, Cape Verde juga menyingkirkan negara raksasa Kamerun di kualifikasi Piala Afrika dan berhasil lolos ke perempat final.

Rencananya, FIFA akan menggelar drawing atau undian fase play-off zona Afrika pada Senin (16/9) pekan depan di Kairo, guna menentukan lima pertandingan yang akan menentukan lima wakil Afrika di Brasil. Diperkirakan Pantai Gading, Ghana, Aljazair, Nigeria, dan Cape Verde ditempatkan sebagai unggulan utama, sementara Burkina Faso, Kamerun, Mesir, Senegal, dan Ethiopia sebagai unggulan kedua. Play-off akan digelar dalam format kandang dan tandang (home dan away) pada 11-15 Oktober dan 15-19 November.

Jika kembali berhasil membuat kejutan dan lolos ke Brasil, Cape Verde bakal menoreh sejarah sebagai negara terkecil yang pernah berpartisipasi di putaran PD. Dengan jumlah populasi di bawah 500 ribu orang, penduduk Cape Verde lebih sedikit dibanding Trinidad & Tobago yang tampil di PD 2006 di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *