Pecah Telur, Indonesia Jadi Lumbung Gol Chelsea

t4RvjbZrKQChelsea menutup laga tur pramusimnya di Asia dengan gemilang. Skuad besutan Jose Mourinho menjadikan skuad BNI Indonesia All-Stars lumbung gol dengan mencetak kemenangan fantastis 8-1.

Tampil di bawah riuh rendah 80 ribu suporter yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (25/7/2013) malam WIB, kedua tim langsung memperagakan permainan terbuka.

Jual beli serangan diperagakan kedua tim. Indonesia mampu mengimbangi permainan Chelsea, bahkan beberapa kali melancarkan tekanan. Sayang, peluang yang dibangun Greg Nwokolo, Andik, Ferdinand Sinaga dan Syamsir Alam sejauh ini belum membuahkan peluang matang.

Setelah memberikan perlawanan sengit di delapan menit pertama, Indonesia mulai berada di bawah tekanan Chelsea. Dalam waktu 20 menit, tercatat tiga peluang emas didapatkan Chelsea.

Pertama lewat tendangan keras Eden Hazard dari luar kotak penalti (9’) yang masih melambung, sundulan Ramires (15’) yang menyamping dan tendangan keras Victor Moses pada menit ke-20 yang masih bisa diblok Kurnia Meiga.

Chelsea baru membuka keran gol pada menit ke-21, setelah mendapatkan hadiah penalti usai John Terry dijatuhkan Hamka Hamzah di kotak terlarang. Hazard yang maju sebagai eksekutor dengan tenang mengecoh Kurnia Meiga. 1-0 untuk Chelsea.

Menit ke-27 dan 28, pemain muda Chelsea Wallace Oliveira dos Santos mendapat dua kesempatan emas mencetak gol. Sayang, dua kali tembakan kerasnya hanya menerpa tiang gawang.

Terus menekan, Chelsea berhasil menambah golnya pada menit ke-30. Umpan lambung Hazard ke kotak penalti tidak sempurna disundul Chalobah, namun bola memantu ke arah Ramires yang kemudian melepas tendangan keras tanpa mampu dihentikan Kurnia Meiga. 2-0 untuk Chelsea.

Dua menit berselang, Chelsea benar-benar membuktikan bahwa mereka bermain serius. Lagi-lagi Hazard menjadi inspirator gol ketiga The Blues. Umpannya di dalam kotak penalti ditendang Ramires yang masih mampu ditepis Kurnia Meiga. Sial, bola muntah mengarah ke Demba yang tanpa ampun melepas sepakan keras tanpa bisa dihadang kiper Arema Cronous tersebut.

Hazard berpeluang mencatatkan gol keduanya pada menit ke-28. Lolos dari jebakan offside, pemain internasional Belgia ini sukses mengecoh Kurnia Meiga di sisi gawang. Namun, karena terlalu lama menahan bola, peluang tersebut akhirnya sia-sia. Meiga mampu mengambil bola dari kakinya.

Chelsea mempertegas superioritas pada menit akhir babak pertama. Tendangan bebas Ryan Bertrand disambut tandukan Gary Cahill dan kemudian diteruskan tandukan Terry di muka gawang, dan membuat bola menerjang deras gawang Kurnia Meiga. Skor 4-0 untuk Chelsea menutup paruh pertama laga.

Interval kedua, Mourinho melakukan serangkaian perubahan. Michael Essien, Romelu Lukaku, Ashley Cole, Branislav Ivanovic dan kiper Mark Schwarzer masuk. Pemain-pemain baru ini membuat daya gedor Chelsea tetap konsisten.

Laga baru menginjak menit 51, Chelsea kembali menambah pundi-pundi golnya kali ini lewat tendangan kaki kiri Ivanovic. Dua menit berselang, giliran Lukaku yang mencatatkan namanya sebagai pemain keenam Chelsea yang mencetak gol lewat tandukannya.

Chelsea ternyata masih belum puas, setelah unggul dengan setengah lusin gol. Menit ke-57, Ramires mencetak gol kedua lewat tendangan keras dari luar kotak penalti usai memanfaatkan umpan Lukaku. Chelsea kini menyamai perolehan gol Arsenal saat melawan Indonesia Dream Team, 7-0!

Chelsea benar-benar tidak memberikan ampun. Lukaku kembali merobek jala gawang Meiga untuk kali ke delapan atau gol keduanya setelah memaksimalkan umpan tarik Lucas Piazon. 8-0 untuk Chelsea.

Kebobolan delapan gol, Indonesia akhirnya bisa sedikit tersenyum lantaran bisa mencetak gol, meski itu tercipta lewat gol bunuh diri Tamas Kalas karena salah mengantipasi tendangan Greg Nwokolo. Indonesia setidaknya bisa memecah kebuntuan, setelah gagal mencetak gol di tiga laga sebelumnya melawan
Timnas Belanda (0-3), Arsenal (0-7) dan Liverpool (0-2).

Usai memperkecil ketertinggalan jadi 1-8, Indonesia mulai percaya diri memberikan perlawanan dengan masuknya beberapa tenaga baru macam Bayu Gatra dan Rasyid Bakrie. Greg dkk sempat beberapa kali merepotkan barisan pertahanan jawara Europa League musim lalu itu.

Line Up pemain:
BNI Indonesia All Stars:
Kurnia Meiga, Hamka Hamzah, Victor Igbonefo, M. Roby, Rafael Maitimo, Rizki Pellu, Ahmad Bustomi, Andik Vermansyah, Greg Nwokolo, Ferdinand Sinaga, Syamsir Alam

Chelsea: Jamal Blackman, Gary Cahill, John Terry, Ryan Bertrand, Wallace Oliveira dos Santos, Nathaniel Chalobah, Marco van Ginkel, Ramires, Eden Hazard, Victor Moses, Demba Ba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *