Neymar Sumbang Gol Pertamanya untuk Barca

Neymar-MessiNeymar akhirnya menyumbang gol pertamanya untuk Barcelona. Gol tersebut dicetak mantan pemain Santos tersebut saat menggilas Thailand XI 7-1 dalam laga uji coba di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu (7/8/2013) malam waktu setempat.

Pundi gol Barca lainya masing-masing disumbang Pedro Rodriguez dengan mencetak hat-trick, kemudian Lionel Messi dua gol, dan tambahan satu gol dari Alexis Sanchez. Sementara gol hiburan tuan rumah dicetak Teerasil Dangda.

Dalam laga ini, semua mata tertuju pada Neymar yang menjadi flamboyan baru Barca. Meski dalam penyembuhan gejala anemia, Neymar tampak sehat selama bermain penuh 45 menit pertama.

Di babak pertama, permainan anak-anak Barca mampu menghibur sekitar 50.000 penonton yang hadir di stadion. Terlebih lagi, pelatih Barca, Gerardo Martino, menduetkan Neymar dengan Lionel Messi sejak menit pertama.

Alhasil, di menit ke-13, Neymar membuka pesta gol berkat permainan tiki-taka antara Messi, Cesc Fabregas, dan Neymar dalam kotak penalti. 1-0 untuk Barca. Selang dua menit kemudian, Messi menggandakan keunggulan melalui titik penalti menyusul pelanggaran Daosawang terhadap dirinya.

Unggul 2-0 membuat Barca semakin berada di atas angin. Alhasil, menit ke-19 Pedro memperbesar keunggulan setelah memaksimalkan umpan matang Messi di dalam kotak penalti. Selang empat kemudian, Messi kembali mengubah papan skor menjadi 4-0 setelah tembakannya tidak mampu dihalau kiper Hathairattanakool.

Menit ke-35, Pedro mencetak gol keduanya setelah menerima umpan Messi dari sayap kanan. Tanpa kawalan berarti, Pedro yang berada di dalam kotak penalti menceploskan bola ke gawang Hathairattanakool dan mengubah skor menjadi 5-0.

Menit ke-42, publik tuan rumah akhirnya bersorak setelah gawang Barca yang dikawal Victor Valdes akhirnya bobol melalui eksekusi penalti Teerasil menyusul pelanggaran Frank Bagnack terhadap Terrasil. Skor 5-1 untuk keunggulan Barca menutup babak pertama.

Di babak kedua, Barca melakukan perubahan besar dengan memasukan delapan pemain cadangan dan hanya mempertahankan Valdes, Pedro, serta Fabregas. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi kekuatan klub asal Catalunya itu.

Buktinya, hanya berselang tiga menit setelah pluit kickoff babak kedua dibunyikan, Pedro mencetak hat-trick usai memanfaatkan umpan Fabregas. Selang semenit kemudian, giliran Alexis Sanchez yang mencatatkan namanya di papan skor setelah golnya menjadikan skor 7-1.

Meski unggul jauh, Barca tidak sedikitpun mengendurkan serangan. Permainan Barca yang dikordinasi Andres Iniesta, membuat Thailand bermain bertahan. Walau demikian, skor 7-1 untuk keunggulan Iniesta dan kawan-kawan bertahan hingga pertandingan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *