Newcastle di Bantai oleh Tamunya Sunderland 0 – 3

newcalte vs sunderlandManajer Paolo Di Canio akhirnya merasakan kemenangan perdananya di Liga Inggris setelah dalam pertandingan antara Newcastle United vs Sunderland di Stadion St. James Park, anak asuhnya menang telak dengan skor 0-3, Minggu (14/4/2013). Hasil laga Tyne-Wear Derby ini untuk sementara mengangkat posisi Sunderland ke peringkat 15 klasemen sementara.
Layaknya sebuah partai derby pada umumnya, pertandingan berjalan ketat dan keras. Menit ketujuh, Newcastle punya peluang untuk unggul lewat skema serangan balik, namun trik dan tendangan Yoan Gouffran bisa diblok Phil Bardsley.

Menit 14, Sunderland layak mendapat hadiah penalti saat jersey Danny Graham ditarik Steven Taylor di kotak penalti Newcastle dan membuat striker Sunderland itu terjatuh. Namun wasit Howard Webb tak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran.
Tim tamu akhirnya bisa unggul lebih dulu. Memasuki menit 26, sebuah akselerasi dari Stephane Sessegnon diakhiri dengan tembakan dari jarak 20 yards yang masuk ke pojok kanan gawang Tim Krul. Ekspresi luar biasa ditunjukkan oleh manajer Paolo Di Canio.

Newcastle bereaksi positif. Menit 28, Cisse gagal memanfaatkan peluang bersih di depan gawang Simon Mignolet. Namun tendangannya bisa diblok kiper Sunderland tersebut. Semenit berselang, Cisse kembali melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang kembali bisa diamankan Mignolet.

Lima menit jelang turun minum, Sunderland hampir saja menambah keunggulan. Dari umpan sepak pojok Sebastian Larsson, Carlos Cuellar lolos dari penjagaan bek Newcastle dan melepaskan tandukan keras yang bisa ditepis Krul.
Tuan rumah harus mengalami kehilangan besar di menit 57 setelah Tim Krul mengalami cedera tangan akibat salah jatuh. Posisinya digantikan oleh Rob Elliot. Tiga menit setelahnya, Cisse mendapat satu peluang yang bisa ditepis Mignolet.

Menit 61, Newcastle mencetak gol. Berawal dari situasi set-piece, Cisse sukses membobol gawang Mignolet dari sudut sempit. Namun gol ternyata harus dianulir karena hakim garis menilai Cisse terjebak off-side. Tayangan ulang membuktikan keputusan hakim garis adalah salah!
Sepuluh menit berselang, Hatem Ben Arfa yang masuk menggantikan Yohan Cabaye punya kesempatan untuk menyamakan skor. Umpan silang Marveaux dari sisi kiri diakhiri tandukan pemain Prancis itu. Bola masih melayang tipis diatas gawang Mignolet.

Newcastle kembali mengalami kenyataan pahit di menit 74. Pergerakan bagusAdam Johnson dari sisi kanan diakhiri dengan tendangan kaki kiri melengkung dan bola masuk ke pojok kanan gawang Elliot. 0-2!
Sunderland akhirnya sukses mempecundangi Newcastle dengan skor 0-2 setelahDavid Vaughan mencetak gol indah di menit 82. Kembali Sessegnon berkontribusi besar atas gol ketiga yang dikemas Sunderland kali ini.

Data Pertandingan:
Newcastle 0-3 Sunderland (Sessegnon 26’, Johnson 74’, Vaughan 82’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *