Napoli Habiskan Dana Rp1,08 Triliun, Paling Boros Belanja Pemain

higuainNapoli benar-benar menjadi klub super boros musim panas ini dengan telah menghabiskan sekitar 80 juta euro atau Rp1,08 triliun.

Di saat klub-klub Seri-A lain berhemat habis-habisan menyambut musim anyar, klub yang berbasis di Naples itu justru tak berhenti menggelontorkan pundi-pundi uangnya demi memboyong pemain bintang.

Kali terakhir, Partenopei, julukan Napoli, sukses memboyong Gonzalo Higuain dari Real Madrid dan mendatangkan Pepe Reina dari klub Inggirs, Liverpool.

Kehadiran dua bintang Eropa itu melengkapi aksi borong Napoli setelah lebih dulu membawa sederet nama lain ke San Paolo. Sebelumnya Partenopei telah mengamankan jasa dua pemain Madrid lain, Raul Albiol dan Jose Callejon.

Selain empat pemain itu, Napoli juga sukses mendapatkan gelandang asal Belgia, Dries Mertens, dari klub lamanya di Belanda, PSV Eindhoven. Melengkapi pembelian mereka di musim panas, klub yang sama memastikan bergabungnya penjaga gawang Santos, Rafael; penyerang Siena, Emanuele Calaio; gelandang Kroasia yang bermain di Hajduk, Josip Radosevic; dan gelandang asal Kolombia yang dibeli dari Udinese, Pablo Armero.

Tetapi aksi belanja Napoli sepertinya belum akan berhenti. Klub yang kini dilatih Rafael Benitez itu kini mengincar bintang Paris Saint Germain (PSG), Marco Verratti, dan pencetak gol terbanyak liga Portugal, Jackson Martinez.

Kabar pendekatan Napoli terhadap Verratti diungkapkan agen sang pemain, Donato Di Compli. “Dia [Verratti] tidak akan kekurangan alternatif klub, pagi ini sebuah penawaran mengerikmn datang dari Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis,” ungkap Di Campli, tanpa menyebutkan nominal, seperti dilansir Football Italia, Jumat (26/7/2013).

Di sisi lain, Napoli dilaporkan juga mengincari bintang Porto, Jackson Martinez, dan bersiap mengucurkan tebusan senilai 32 juta euro atau lebih dari Rp432 miliar untuk mengeluarkan sang pemain dari Portugal.

Sayangnya, Porto sepertinya enggan melepaskan sang bintang ke klub lain Presiden klub Portugal itu, Pinto Da Costa, menegaskan penyerang 27 tahun itu akan tetap bermain untuk klubnya saat ini musim depan.

“Jackson akan tetap bermain untuk kami di Porto. Klub tidak akan menjualnya dan kami sedang mendiskusikan pembaruan kontrak untuknya,” ungkap Pinto Da Costa, dalam laporan yang lain.

Dengan pembelian terbarunya, Gonzalo Higuain, Napoli telah menghabiskan uang hingga lebih dari Rp1 triliun musim panas ini. Jumlah itu dipastikan terus membengkak jika ambisi memboyong Jackson dan Verratti benar-benar terwujud.

Namun Napoli bukan satu-satunya tim Seri-A yang aktif melancarkan aksi belanja pemain. AS Roma menjadi klub Italia kedua yang paling boros dalam belanja pemain musim panas ini dan telah menghabiskan 40,9 juta euro (Rp553 miliar).

Klub Ibu Kota itu di antaranya memboyong gelandang muda berbakat Belanda, Kevin Strootman, eks bek  Manchester City, Douglas Maicon dan pemain Udinese, Mehdi Benatia, yang ditebus senilai 13,5 juta euro (Rp182,5 miliar).

Selain Napoli dan Roma, Fiorentina dan Juventus menyusul menjadi tim yang paling banyak berbelanja menyambut kompetisi musim depan.

Juventus memperbarui skuat dengan memboyong eks striker Manchester City, Carlos Tevez, dan Fernando Llorente (Athletic Bilbao), dan pemain Torino, Angelo Ogbonna. Total klub berjuluk La Vecchia Signora itu  membelanjakan 26,4 juta euro (Rp358 miliar) untuk pemain baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *