Munchen, Terbaik di Dunia 2013

Borussia Dortmund v FC Bayern Muenchen - UEFA Champions League FinalSatu lagi prestasi diraih Bayern Muenchen. Mereka jadi klub terbaik di dunia 2013 menurut Federasi Sejarah dan Statistik Sepak bola Internasional (IFFHS). Tim berjulukan “The Bavarians” ini mengumpulkan 372 poin selama satu tahun, mengalahkan klub-klub lainnya seperti Real Madrid, Chelsea, dan Barcelona. Prestasi ini sekaligus menjadikan Muenchen sebagai klub Jerman pertama yang berada di puncak klasemen IFFHS.

Sepak bola Jerman semakin bersinar pada 2013 setelah mantan Pelatih Muenchen, Josef “Jupp” Heynckes juga dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia 2013. Sebelumnya juga ada nama kiper Muenchen, Manuel Neuer sebagai kiper terbaik 2013 mengalahkan Iker Casillas dari Real Madrid. Sementara wasit terbaik 2013 jatuh kepada Howard Webb asal Inggris.

Sejak IFFHS merilis daftar peringkat klub terbaik di dunia pada 1991, hanya klub asal Italia, Juventus yang mampu meraih nilai tertinggi, 372,7 poin pada 1993. Secara prestasi, “FC Hollywood” mampu meraih dua gelar liga domestik (Piala Jerman dan Bundesliga) serta Liga Champions bersama Heynckes. Saat tongkat kepelatihan berganti kepada Pep Guardiola, Muenchen mampu meraih trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *