Menang Tipis, Ghana Lolos ke Play-off

kwadwo-asamoah-130907aTinggal selangkah lagi Ghana melaju ke putaran final Piala Dunia (PD) 2014 di Brasil. The Black Eagles, julukan Ghana, lolos ke putaran ketiga atau play-off kualifikasi Zona Afrika setelah di partai terakhir penyisihan Grup D yang berlangsung di Baba Yara Stadium, Jumat, 6 September 2013, mengalahkan rival terdekat Zambia 2-1 (1-0).

Hanya membutuhkan hasil imbang, Ghana unggul 1-0 ketika babak pertama baru berlangsung 17 menit. Gol ini dihasilkan melalui sundulan Abdul Majeed Waris yang memanfaatkan umpan lambung yang disodorkan John Boye. Skor yang bertahan sampai jeda.

Di awal babak kedua, Zambia yang notabene juara Piala Afrika 2012 berusaha menekan pertahanan Ghana. Melihat kondisi timnya mulai terancam, pelatih Ghana James Kwesi Appiah memasukkan gelandang Chelsea Michael Essien. Di menit ke-62, Ghana berhasil menambah keunggulan lewat tendangan keras winger Juventus Kwadwo Asamoah. Skor 2-0.

Zambia belum menyerah. Sepuluh menit kemudian, sepakan mendatar Emmanuel Mbola menjebol gawang Fatau Dauda. Skor 2-1 masih untuk keunggulan Ghana. Di menit-menit akhir, Chipolopolo, julukan Zambia berupaya keras mencari gol tambahan. Usaha yang kandas. Skor 2-1 tetap bertahan.

Dengan kemenangan ini Ghana menjuarai grup dengan jumlah 15 poin atau unggul empat angka dari Zambia. Di putaran ketiga alias play-off Ghana akan berhadapan dengan salah satu dari 9 juara grup lainnya. Undian play-off akan digelar di Kairo, 16 September mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *