Mantan Kapten Bayern: Juaranya Bukan Klub Jerman

stefan-effenberg-130918cMantan kapten Bayern Muenchen, Stefan Effenberg, memperkirakan jika di akhir musim nanti tim asuhan Pep Guardiola bakal gagal mempertahankan gelar juara Liga Champions. Bahkan, Effenberg juga tak yakin jika klub-klub Bundesliga Jerman bakal mampu melangkahkan kakinya ke babak pamungkas alias partai final.

Dalam empat musim sebelumnya, FC Hollywood, julukan Muenchen, sanggup tiga kali menembus babak final di musim 2009-2010, 2011-2012, dan 2012-2013. Sementara, rival beratnya di kancah lokal, Borussia Dortmund baru melaju ke babak pamungkas musim lalu yang digelar di Wembley Stadium.

Nah, Effenberg, 45 tahun, tidak yakin jika keberhasilan kedua klub Jerman tersebut dapat terulang di musim ini. “Saya tidak yakin Bayern bakal mampu mempertahankan gelarnya di musim ini. Saya pun tidak melihat Dortmund akan sanggup melaju ke babak final,” terang Effenberg sembari menunjuk tiga tim yang dinilainya bakal melaju ke partai pamungkas, yaitu Barcelona, Real Madrid, dan Manchester United.

Selain menyinggung soal kans Muenchen dan Dortmund, Effenberg juga mengomentari deal transfer Gareth Bale dan Mesut Ozil. “Transfer 100 juta euro itu sesuatu yang gila. Saya prihatin dengannya (Bale), sebab hampir mustahil menjustifikasi nilai sebesar itu. Soal Ozil, saya bisa memahami mengapa Madrid meloloskannya. Namun, yang pantas digarisbawahi adalah Ozil merupakan sosok pemain yang bisa menggebrak persepakbolaan Inggris,” ujar Effenberg yang sempat menjalani kariernya bersama Fiorentina di musim 1992-1994.

Lalu, apakah Effenberg mengidolakan mantan gelandang Werder Bremen tersebut? Tidak. Dalam benak Effenberg, pemain yang saat ini menyita perhatiannya adalah gelandang serang Dortmund dan Der Panser, Marco Reus. “Saat ini pemain yang saya kagumi adalah (Marco) Reus. Ia mempunyai kualitas yang luar biasa. Saya sempat marah melihat ia ditarik keluar lapangan,” pungkas Effenberg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *