Madrid Siap Pecahkan Rekor Demi Bale, Spurs Panik

200543_620Ketua Tottenham Hotspur Daniel Levy terpaksa memotong masa liburannya dan langsung terbang ke London demi negosiasi masa depan Gareth Bale. Levy panik karena Real Madrid dikabarkan segera menyodorkan tawaran 85 juta poundsterling (Rp 1,342 triliun) untuk seorang Bale, sebuah harga yang akan memecahkan rekor transfer pemain termahal di dunia.

Levy sebenarnya sudah berdiskusi secara informal dengan Bale selama perjalanan singkat Tottenham ke Hong Kong untuk mengikuti turnamen Barclays Asia Trophy pekan lalu. Setealah itu Levy langsung terbang kembali ke Florida, Amerika Serikat, untuk melanjutkan liburan keluarganya, tapi bukannya berlibur, dia justru terbang lagi ke London pada Minggu, 28 Juli 2013, untuk bertemu Bale.

Bale terpaksa dipulangkan ke London lebih awal karena menderita cedera sementara seluruh skuad baru pulang sehari setelahnya, Senin, 29 Juli 2013. Manajer Andre Villas-Boas kemudian memberi dua hari libur buat Bale untuk memulihkan kondisinya.

Bale sebenarnya memiliki hubungan yang kuat dengan staf dan pendukung Tottenham tapi dia ingin jawaban langsung dari Levy atas tawaran Real Madrid. Los Blancos dipercaya sedang bersiap menguji Tottenham dengan tawaran yang memecahkan rekor dunia, seperti dilaporkan Daily Mail, Senin, 29 Juli 2013.

Levy sudah menegaskan bahwa dia tidak akan menjualnya bintangnya itu. Namun Bale, 24 tahun, menuntut ke Levy agar jujur apakah sudah ada kontak antara Real dan Spurs sejauh ini.

Levy bersikeras bahwa Bale, yang mencetak 21 gol di Liga Primer Inggris musim lalu, tidak akan meninggalkan London musim panas ini. Meskipun begitu, ada kepercayaan di White Hart Lane bahwa sebuah tawaran rekor dunia akan mengubah segalanya.

Real Madrid membayar 80 juta poundsterling (Rp 1,263 triliun) untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Manchester United empat tahun lalu. Presiden Madrid Florentino Perez sudah siap menawarkan 85 juta poundsterling untuk menggoyahkan pendirian Tottenham.

Klub Spanyol itu mungkin akan mencoba menawarkan sejumlah tunai yang lebih rendah, mungkin 60 juta poundsterling (Rp 947,8 miliar), ditambah pemain yang mereka tahu Spurs kagumi seperti Angel di Maria dan Fabio Coentrao, tapi pertukaran semacam itu akan mempersulit negosiasi.

Real Madrid bahkan sudah memeriksa latar belakang kontrak Bale dengan Tottenham. Di situ, Madrid menemukan, ke manapun Bale dijual nanti, Southampton–klub akademi Bale–akan mendapat kompensasi.

Aturan FIFA menegaskan, setiap klub yang mengembangkan pemain akademi antara usia 12 dan 23 tahun berhak hingga lima persen dari biaya transfer jika pemain kemudian pindah ke tim lain. Karena Bale berada di Southampton antara usia 12 dan 17 tahun, mereka akan berhak untuk kompensasi sebesar 2 juta poundsterling (Rp 31,5 miliar)–bila harga Bale 85 juta poundstelring.

Saat ini Bale digaji 80.000 poundsterling (Rp 1,2 miliar) per minggu. Tottenham pun sudah mulai menawarkan perpanjangan kontrak. Jika Bale setuju, maka dia akan jadi salah satu pesepakbola dengan gaji tertinggi di Inggris. Tottenham tampaknya rela membayar mahal Bale demi mendapat hak komersial yang bisa klub raup dari popularitas Bale.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *