La Liga Belum Mau Gunakan Teknologi Garis Gawang

tehnologi baris gawangLa Liga Spanyol sepenuhnya mendukung penerapan teknologi garis gawang yang sudah direkomendasikan FIFA belum lama ini. Kendati demikian, pihak La Liga sendiri mengaku belum akan menerapkan teknologi tersebut dalam waktu dekat ini.

Direktur umum Liga Spanyol, Fransisco Roca mengatakan bahwa teknologi garis gawang baru akan diperkenalkan di Spanyol dalam waktu dua atau tiga tahun ke depan.”Kami mendukung, tapi sepertinya kami akan menerapkan itu pada dua atau tiga tahun lagi,” kata Roca seperti dikutip Football Espana, Jumat (12/4).

Alasannya, kata Roca, La Liga Spanyol sendiri sudah diperlengkapi dengan kamera yang dipasang oleh pihak penyelenggara. Tak berbeda jauh dengan teknologi garis gawang yang ditawarkan FIFA. Roca mengklaim, kamera yang dipasang penyelenggara pertandingan itu juga dinilainya cukup membantu kinerja ofisial di pertandingan.”Kami telah memulai pengembangan teknologi itu tiga atau empat tahun yang lalu,” tambahnya.

Selain itu, dalam tiga tahun ke depan, pihaknya juga bakal merumuskan teknologi apa yang akan digunakan. Dengan menimbang segala biaya operasional, kata Roca, sangat memungkinkan pihak La Liga akan menerapkan teknologi garis gawang buatan sendiri. “Jelas, kami tidak seperti Liga Primer yang sangat mendukung penerapan tersebut,” tegasnya.

Sebelumnya pekan ini, Liga Primer Inggris telah meneken kontrak dengan provider Hawk-Eye sebagai teknologi garis gawang mulai musim depan. Artinya, Liga Primer menjadi pionir penggunaan teknologi garis gawang di tingkat kompetisi Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *