Jerman vs Irlandia Menang 3 – 0, Jerman Lolos Ke Piala Dunia 2014

Jerman vs Irlandia

Jerman mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah melibas Irlandia, 3-0, dalam lanjutan kualifikasi Grup C Zona Eropa, di RheinEnergieStadion, Koeln, Jumat atau Sabtu (12/10/2013) dini hari WIB.

Dengan tambahan tiga poin ini Jerman menyusul langkah Belanda, Italia, Belgia, dan Swiss yang juga sudah lolos sebagai wakil Eropa di Brasil tahun depan. Poin Die Nationmanschaaft adalah 25 dari sembilan laga, unggul lima angka dari Swedia di posisi kedua.

Dengan menyisakan satu laga, peluang Irlandia ke babak playoff praktis tertutup karena Swedia menang 2-1 atas Austria. The Bhoys in Green ada di posisi keempat dengan 11 poin.
Pada laga Grup C yang dihelat di Rhein Energie Stadium, Sabtu (12/10/2013) dinihari WIB, Sami Khedira membawa Jerman memimpin di babak pertama. Lalu di babak kedua Jerman menambah gol dari Andre Schuerlle dan Mesut Oezil.

Laga melawan Irlandia pun dijalani Jerman dengan strategi yang tak biasa. Pelatih Joachim Loew tidak menurunkan pemain yang biasa berperan sebagai striker murni. Ujung tombak justru diserahkan kepada Thomas Mueller, yang sejatinya adalah seorang gelandang serang.

Tanpa striker murni, Jerman masih mampu menampilkan permainan apik. Pada menit ke-12, Der Panzer sudah membuka skor pertandingan terlebih dahulu.

Di menit ke-12 Jerman memimpin 1-0 berkat gol Khedira. Mendapat umpan tarik Phillip Lahm, tembakan Khedira sempat mengenai bek Irlandia yang lantas mengecoh kiper David Forde  sebelum masuk ke dalam gawang

Irlandia bukan tanpa serangan. Mereka beberapa kali membuat serangan balik yang sayangnya belum ada satupun yang berbuah kesempatan emas.

Pada menit ke-26, Toni Kroos berupaya mencetak gol kedua. Sayang, tembakannya masih bisa dihalau Ciaran Clark. Sepuluh menit kemudian, giliran Andre Schurrle membuat peluang, sayang tandukannya masih bisa ditepis.

Bola muntah yang mengampiri Thomas Muller pun tak bisa dimanfaatkan karena tendangannya jauh melambung. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Jerman.

Setelah unggul 1-0 pada babak pertama, Jerman kembali menambah gol pada pertengahan babak kedua. Pada menit ke-58, sebuah umpan cerdik Toni Kroos dikontrol Andre Schuerrle dengan sempurna. Tanpa melihat gawang, Schuerrle berbalik badan sambil melepaskan tembakan mendatar yang menggetarkan jala Irlandia.

Mueller kembali membuang-buang peluang di menit 71 setelah dari jarak dekat, ia menembak bola namun kaki Forde masih menggagalkan laju bola ke gawang.

Di menit 73 Seamus Coleman menguji Neuer tapi bola hasil tendangannya masih bisa ditepis. Tapi James McCarthy menyambar bola rebound yang juga dapat dibendung Neuer.
Pesta Jerman pun kemudian ditutup lewat aksi Mesut Oezil pada menit ke-91. Lagi-lagi, umpan Kroos yang menjadi awal petaka bagi lini belakang Irlandia. Dengan dingin, Oezil tinggal berhadapan dengan Forde dan memastikan kemenangan Jerman 3-0.

Susunan Pemain

Jerman: Neuer, Lahm, Mertesacker, Boateng, Jansen, Khedira (Kruse 82′), Schweinsteiger, Kroos, Ozil, Schuerrle (Goetze 86′), Muller (Sam 88′)

Republik Irlandia: Forde, Coleman, Delaney, Kelly, Clark, Whelan, Gibson, McCarthy, Wilson, Doyle, Stokes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *