Jepang vs Meksiko 1-2: Chicharito Borong Dua Gol

Chicharito-Uchida-640x347

Dua gol dari Javier Hernandez dalam laga Grup A Piala Konfederasi 2013 antara Jepang vs Meksiko di Estadio Mineirao, Minggu (23/6/2013), berhasil membuat El Tri menang dengan skor 1-2. Hasil ini membawa Meksiko mengakhiri petualangan mereka di turnamen ini dengan menduduki peringkat ketiga di klasemen akhir Grup A.

Pertaruhan harga diri yang diusung di laga ini membuat laga berjalan menarik. Menit kelima, Guillermo Ochoa berhasil menepis sepakan keras Shinji Kagawa. Berikutnya di menit sembilan, gol Shinji Okazaki harus dianulir wasit karena ia sudah terperangkap off-side.

Serangan Jepang terlihat lebih berbahaya dibanding Meksiko. Pelatih Alberto Zaccheroni masih mempercayakan sektor serang pada Kagawa, Okazaki, Keisuke Honda, dan Ryoichi Maeda.

Memasuki menit 25, kembali Ochoa dibuat berjibaku guna mengamankan bola kiriman dari Honda. Sementara Meksiko mendapat peluang di menit 33 saat bola tendangan Javier Hernandez diamankan oleh Hajime Hosogai.

Menit 40, Meksiko harusnya bisa unggul. Menerima umpan silang dari sisi kiri, sundulan Andres Guardado masih menerpa tiang gawang dan memaksa laga babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Sembilan menit babak kedua berjalan, Meksiko akhirnya mencetak gol lebih dulu. Adalah Javier “Chicharito” Hernandez yang berhasil menceploskan ke gawang Eiji Kawashima setelah menerima umpan dari Guardado.

Unggul satu gol membuat anak-anak Meksiko semakin bersemangat untuk mencetak gol kedua. Menit 60, Kawashima berhasil menggagalkan usaha Giovani dos Santos.

Enam menit berselang Meksiko menggandakan keunggulan. Berawal dari sepak pojok Dos Santos, bola disundul oleh Hiram Mier di tiang dekat dan kemudian diteruskan dengan mudah oleh Javier Hernandez untuk membawa Meksiko memimpin 0-2.

ertinggal dua gol ternyata tak membuat semangat bertanding pasukan Jepang menurun. Menit 79, mereka hampir mencetak gol kala tendangan Yasuyuki Konno dari sudut sempit masih bisa digagalkan Ochoa.

Gol yang dicari Jepang akhirnya hadir di menit 86. Shinji Okazaki berhasil menyelesaikan peluang mudah yang mampir di depannya untuk mengubah skor menjadi 1-2.

Chicharito harusnya bisa mengemas hat-trick andai ia berhasil mengeksekusi tendangan penalti dengan baik. Hasil akhir, Jepang 1, Meksiko 2.

Data Pertandingan:

Jepang 1-2 Meksiko (Okazaki 86’ / Chicharito 54’, 66’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *