Italia vs Spanyol 2-4: Hasil Final Piala Eropa U-21 2013

Bardi-Thiago-640x360

Skor mencolok 2-4 menjadi hasil akhir pertandingan Final Piala Eropa U-21 antara Italia vs Spanyol di Teddy Stadium, Jerusalem, Selasa (18/6/2013). Kemenangan ini tak luput dari dua tendangan penalti yang didapat Spanyol serta hat-trick yang dikemas Thiago Alcantara.

Layaknya sebuah partai final, kedua tim langsung ngotot untuk menciptakan gol pertama. Keinginan itu pertama kali diwujudkan Spanyol kala sundulan Thiago Alcantara menyambut umpan tarik Alvaro Morata sukses menjebol gawang Francesco Bardi. 1-0 di menit keenam!

Pasukan Italia tak menyerah. Usaha mereka membuahkan hasil di menit 10. Umpan panjang Matteo Bianchetti dikontrol dengan sempurna oleh Ciro Immobile sebelum striker Azzurrini itu melepaskan tendangan lob melewati kepala David De Gea. Bola pertama yang masuk ke gawang Spanyol di turnamen ini.

Tensi pertandingan terus memanas. Menit 16, Bardi dengan gemilang menepis sepakan Morata di depan gawangnya. Tiga menit kemudian giliran kolaborasi Bardi dan Luca Caldirola yang menggagalkan usaha Koke mencetak gol.

Italia balik menekan. Sebuah peluang bagus disia-siakan Alessandro Florenzi di menit 25. Sukses mengelabui seorang bek Spanyol, sepakan kaki kiri Florenzi di kotak penalti Spanyol masih bisa dimentahkan De Gea.

Spanyol kemudian unggul lagi di menit 31. Umpan lambung dari Koke diterima dengan bagus oleh Thiago Alcantara yang kemudian melepaskan sepakan kaki kiri yang tak mampu dihalau Bardi. Spanyol patut berterima kasih pada Caldirola yang luput menjaga Thiago.

Tujuh menit kemudian, Spanyol memperlebar jarak. Pelanggaran Giulio Donati pada Cristian Tello di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Thiago Alcantara berhasil mencetak hat-trick. 1-3!

Di babak kedua, Spanyol masih cukup dominan. 15 menit pertama babak kedua mereka mendapat tiga peluang lewat Isco, Morata, dan Tello. Dua nama pertama mendapati tendangannya melebar, sedangkan Bardi menepis bola tendangan Tello.

Tendangan penalti kedua didapat Spanyol di menit 66. Vasco Regini menjatuhkan Martin Montoya di penalty box Italia dan membuat wasit Matej Jug menunjuk titik putih. Kali ini bukan Thiago eksekutornya, melainkan Isco.

Setelahnya, Spanyol agak mengendurkan serangan. Permainan ball possessions coba mereka peragakan guna meredam upaya Italia untuk mengejar skor. Anak asuh Devis Mangia sendiri mendapat satu peluang bagus saat tendangan Manolo Gabbiadini masih tak tepat sasaran.

Upaya Italia membuahkan hasil di menit 80. Kerjasama satu-dua antara Fabio Borini dan Lorenzo Insigne menghasilkan gol setelah tendangan keras Borini dari luar kotak penalti gagal diamankan De Gea.

elang akhir pertandingan, lapangan Teddy Stadium sempat beberapa kali diinvasi oleh penonton. Dan hingga akhir laga Italia tak mampu mengejar ketertingalan yang memastikan Spanyol menjadi juara Piala Eropa U-21 2013.

Data Pertandingan:

Italia 2-4 Spanyol (Immobile 10’, Borini 80′ / Thiago 6’, 31’, 38’-pen, Isco 66’-pen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *