Italia dan Belgia Mendekat ke Piala Dunia Brasil

FBL-WC2014-ITA-BGRPeluang Belgia dan Italia untuk menjadi dua tim Eropa pertama yang lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2014 sangat besar. Saat ini, keduanya sedang memimpin grup masing-masing dan di laga selanjutnya mereka tidak boleh menelan kekalahan jika ingin memastikan tiket ke Brasil.

Saat ini, Belgia sedang memimpin klasemen Grup A dengan perolehan poin 22. Menyusul di bawahnya, Kroasia yang mengoleksi 17 angka. Keduanya akan bertemu pada 11 Oktober 2013 mendatang. Dan di partai tersebut, Belgia hanya butuh satu poin untuk lolos ke Piala Dunia.

Di Grup B, Italia masih butuh tiga poin tambahan demi memuluskan langkah ke Brasil. Setelah berhasil mengalahkan Bulgaria yang menjadi runner up dengan skor 1-0, Italia berhasil menjauh dengan jarak tujuh poin. Namun, Gli Azzurri harus bekerja keras untuk meraih kemenangan pada laga selanjutnya melawan Republik Ceko pada 10 September 2013 nanti di Turin.

“Selasa nanti kami akan bermain melawan Republik Ceko di Turin, dan kami ingin menutup fase ini dengan cara sebaik mungkin. Kami ingin membuat penampilan yang bagus untuk meraih kemenangan dan lolos,” kata striker timnas Italia, Alberto Gilardino.

Selain Italia dan Bulgaria, Jerman serta Belanda juga punya kans besar untuk lolos otomatis ke Piala Dunia. Akan tetapi, mereka masih membutuhkan empat poin lagi di tiga laga sisa.

Jerman dan Belanda memang memimpin klasemen di Grup C serta D. Namun, posisi mereka rawan dikudeta. Sebab, jarak keduanya dengan runner up di masing-masing grup tidak terlalu jauh.

Der Panzer mengoleksi 19 angka dari tujuh pertandingan di Grup C. Phillip Lahm cs ditempel oleh Swedia yang mengumpulkan 14 poin. Keduanya masih akan bertemu pada 15 Oktober 2013. Seandainya Jerman tergelincir sebanyak dua kali dan Swedia mampu memenangkan dua laga lain, maka posisi pertama akan mengalami pergantian.

Begitu pula dengan Belanda. Negeri Kincir Angin masih harus berjuang untuk mengamankan tiket otomatis ke Piala Dunia. Belanda bisa lolos otomatis jika mereka mampu menang dari Andorra pada 10 September 2013 mendatang.

Dengan catatan, Rumania mengakhiri pertandingan dengan hasil seri atau kalah dari Turki, karena dua pertandingan tersebut akan digelar bersamaan. Jika Rumania menang, maka Belanda tidak boleh kalah di dua laga sisa.

Portugal & Inggris Harus Bekerja Keras

Dua raksasa Eropa lainnya, Portugal dan Inggris, masih harus bekerja keras untuk bisa memastikan tiket otomatis ke Piala Dunia. Meski keduanya memimpin klasemen, baik Portugal dan Inggris tampaknya harus berjuang hingga akhir fase grup.

Saat ini, Portugal berada di puncak klasemen Grup F dengan 17 angka dari delapan kali bertanding. Seleccao Das Quinas hanya terpaut dua poin dari peringkat 2 klasemen sementara, Rusia, dan berjarak lima angka dari peringkat ketiga Israel. Tiga tim di Grup F ini masih memiliki kans untuk lolos.

Portugal bisa saja harus tampil di Piala Dunia lewat fase kualifikasi babak kedua. Pasalnya, Rusia yang saat ini mengoleksi 15 poin, baru berlaga sebanyak tujuh kali. Dan mereka bisa mengkudeta posisi puncak jika menang atas Israel, 10 September 2013 mendatang.

Sementara itu, Inggris juga berada dalam posisi yang rawan di Grup H. Persaingan di zona ini lebih ketat dibandingkan grup mana pun. Pasalnya, tiga tim masih bisa lolos secara otomatis karena marjin poin yang sangat tipis.

Inggris dan Montenegro sama-sama mengumpulkan 15 poin. Lalu, Ukraina mengoleksi 14 poin. Posisi Inggris dan Ukraina lebih diuntungkan karena baru menjalani tujuh laga. Mereka akan saling bunuh pada 11 September 2013 nanti. Jika menang, beban The Three Lions akan lebih ringan di dua pertandingan sisa.

Bagaimana dengan Spanyol? Mereka sebenarnya hanya perlu mengamankan empat poin di dua laga sisa agar lolos otomatis. Dengan begitu, perolehan poin minimal di akhir klasemen untuk Spanyol adalah 18 poin. Meski Prancis yang berada di peringkat kedua menang di dua pertandingan sisa, mereka hanya mendapatkan angka maksimal 17.

Potensi Kontestan Baru

Pada fase kualifikasi zona Eropa tahun ini, Bosnia-Herzegovina tampil mengejutkan. Mereka mampu memimpin Grup G dengan perolehan angka 16 dari tujuh kali bertanding.

Meski posisi mereka belum aman, Bosnia berpotensi menjadi kontestan baru di Piala Dunia. Menyisakan tiga laga, Bosnia masih harus menghadapi lawan berat, Slovakia yang menempati peringkat 3 klasemen sementara, Selasa mendatang, di Zilina.

Jika mampu mencuri angka, peluang Bosnia untuk tampil di Piala Dunia akan semakin besar. Apalagi Slovakia juga masih berhadapan dengan runner up grup, Yunani.

Sejak berpisah dari Yugoslavia, pada 1992, Bosnia belum sekali pun tampil di Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1996, mereka tidak ambil bagian di babak kualifikasi karena baru bergabung dengan FIFA pada September 1996 dan berafiliasi ke UEFA pada 1998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *