Isu Pemecatan Mancini Kian Menguat

mancini-130512cSpekulasi pemecatan Roberto Mancini dari jabatannya sebagai Manajer Manchester City kian santer terdengar. Berbagai sumber menyatakan dalam waktu 48 jam ke muka atau sebelum laga lanjutan kompetisi Liga Premier di pekan ke-37 menghadapi Reading, Selasa (14/5/13) lusa, Mancini dipastikan telah angkat koper dari Etihad Stadium.

Seperti desas-desus sebelumnya, Pelatih Malaga asal Chile, Manuel Pellegrini, menjadi kandidat utama pilihan manajemen klub untuk menggantikan Mancini. Yang menarik, keputusan pemecatan tersebut diambil tiga serangkai pengendali kebijakan City, yaitu Chairman Klub, Khaldoon Al Mubarak, Chief Executive Ferran Sorriano, dan Direktur Olahraga Txiki Begiristain, sebelum berlangsungnya babak final FA Cup di Wembley Stadium, Sabtu (11/5/13) kemarin. Artinya, andaikata City menang pun, Mancini bakal tetap mendapat surat pemutusan hubungan kerja alias di-PHK.

Sebelumnya, usai kekalahan dari The Latics kemarin, rumor pemecatan Mancini mulai terdengar kembali. Tak lama kemudian, mantan Pelatih Inter Milan berusia 48 tahun ini membantah keras spekulasi tersebut. Namun, sejumlah media di Inggris, hampir sepakat nasib Mancini tinggal menghitung hari. Hal ini berkaitan dengan masih beradanya tiga serangkai City di atas — Al Mubarak, Sorriano, dan Begiristain — di Kota London.

Diyakini, ketiganya sedang membahas proses pemecatan Mancini. Dengan kondisi kontrak kerja Mancini masih tersisa empat tahun, artinya City harus memberikan uang pesangon bagi Mancini yang gajinya dalam semusim dikabarkan mencapai 5 juta pound atau sekitar Rp 72,5 miliar.

Sejumlah sumber menyatakan selain hasil buruk yang dialami City — gagal mendapatkan satu gelar pun — di musim ini, keputusan pemecatan Mancini juga dipengaruhi faktor hubungannya yang kurang begitu mulus dengan AlMubarak, Sorriano, dan Begiristain. Jika Mancini benar-benar dipecat sebelum Selasa, maka saat laga tandang lawan Reading di Madesjki Stadium, City akan dipimpin asisten manajer Brian Kidd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *