Israel vs Norwegia 2-2: Awal Pahit Bagi Tuan Rumah Piala Eropa U-21

Biton-Konradsen-640x360

Skor 2-2 menjadi hasil akhir pertandingan antara Israel U-21 vs Norwegia U-21 dalam ajang Piala Eropa U -21 di Netanya Municipal Stadium, Rabu (6/6/2013). Dua gol Israel di pertandingan pembuka turnamen ini dikemas oleh Nir Biton dan Alon Turgeman. Sementara gol Norwegia dicetak oleh Marcus Pedersen dan Harmeet Singh untuk menggagalkan kemenangan tuan rumah di masa injury time babak kedua.

Bermain selaku tuan rumah, Israel mencoba menekan pertahanan Norwegia di awal pertandingan. namun fakta bahwa Norwegia memang lebih unggul membuat mereka dominan. Dua peluang didapat oleh Anders Konradsen dan Jo Inge Berget. Namun kiper Israel bisa mementahkannya.

Memasuki menit 16, wasit Pawel Gil menunjuk titik putih setelah Omri Ben Harush dijatuhkan Omar Elabdellaoui di kotak penalti Norwegia. Kapten tim, Nir Biton, sukses mengubah peluang menjadi gol.

Norwegia tak panik meski tertinggal lebih dulu. Dan akhirnya, kualitas mereka berbicara. Delapan menit setelah gol Biton, Norwegia sukses menyamakan skor lewat Marcus Pedersen. Gol ini berawal dari umpan silang yang dilepaskan oleh Stefan Johansen.

Lima menit setelah gol tersebut, Norwegia mendapat peluang bagus untuk balik memimpin. Buruknya koordinasi pertahanan Israel membuat bola mampir di kaki Konradsen yang langsung melepaskan tendangan namun bola masih menerpa mistar gawang.

Setelah Konradsen, empat menit berikutnya giliran Berget yang mendapati bola tendangannya masih menerpa tiang gawang. Norwegia harusnya bisa unggul 1-3 di dua kesempatan itu.

Sial bagi Norwegia. Semenit jelang turun minum, mereka harus bermain dengan 10 orang. Wasit terpaksa memberi Vegard Hedenstad kartu merah langsung akibat pelanggaran kerasnya pada Mohammed Kalibat.

Di awal babak kedua, baik Israel maupun Norwegia sama-sama ngotot untuk mencari gol kedua mereka. Belum juga berlangsung lama, dua serangan berbahaya dilancarkan kedua kubu lewat usaha Konradsen yang masih membentur tiang gawang dan Israel membalas melalui Kalibat.

Memasuki menit 58, satu peluang bagus didapat Norwegia via tendangan bebas Magnus Eikrem yang disambut sundulan Pedersen, namun bola masih melambung tipis di atas gawang Klaiman. Masuknya Alon Turgeman terbukti membuat lini depan Israel lebih hidup. Satu peluang dari Turgeman di menit 62 masih bisa diamankan Nyland Haskjold.

Keputusan Guy Luzon memasukkan seorang Alon Turgeman memang terbukti jitu. Sebuah kerjasama bagus antara Kriaf dan Dabour di menit 71 diselesaikan dengan tendangan voli Turgeman. Haskjold tak punya peluang untuk menyelamatkan gawangnya. 2-1!

Usaha keras ditunjukkan anak asuh Tor Ole Skullerud di sisa laga untuk setidaknya menghindarkan diri dari kekalahan. Perjuangan panjang pasukan Norwegia pun akhirnya terbayar di menit 91 saat Harmeet Singh yang masuk sebagai pemain pengganti mencetak gol penyama yang membuyarkan kemenangan tuan rumah yang sudah di depan mata.

Data Pertandingan:

Israel 2-2 Norwegia (Biton 16’-pen, Turgeman 71’ / Pedersen 24’, Singh 91’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *