Indonesia Menang Besar Melawan Laos 4-0

Timnas U-19 Indonesia vs Timnas U-19 Vietnam 7-6

Indonesia menang telak 4-0 atas Laos, yang mengakhiri pertandingan kualifikasi Piala Asia U-19 2014 di Grup G itu dengan sembilan pemain.

Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (8/10/2013) malam WIB, Indonesia mencetak gol-golnya melalui Muchlis Hadi (dua gol), disusul kemudian Paulo Sitanggang dan Evan Dimas.

Laos sendiri harus menerima dua kartu merah di laga ini. Yang pertama diberikan wasit untuk Phithack Kongma Thilath di menit ke-54, ketika sedang tertinggal 0-2. Di menit ke-80 giliran Xouxana Sihalath menerima kartu kuning kedua. Keunggulan jumlah pemain itu membuat Indonesia sukses membuat dua gol tambahan.

Jalannya Pertandingan

Indonesia yang lebih diunggulkan, unggul cepat. Berawal dari sebuah pelanggaran di sisi kanan kotak penalti Laos, tendangan bebas Evan Dimas mengarah pada. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh mencetak gol dengan tandukan di menit 10.
Tak lama berselang Maldini Pali menekan dari sisi kanan. Lajunya dipotong kiper Bounpaseuth Niphavong yang sukses mengamankan bola walau kemudian harus mengalami cedera ringan.

Di menit ke-54 Laos mesti bermain minus satu pemain usai Phithack Kongma Thilath diganjar kartu merah. Usai melanggar Mahdi Fahri, Phithack juga terlihat menginjak bagian belakang tubuh pemain pengganti Indonesia tersebut.

Selang empat menit, Laos berganti mengancam. Setelah Ravi menyaksikan tembakan lawan membentur tiang, aksi tembakan Phithack Kongmathilath untuk menyamakan kedudukan dibendung oleh Muhammad Fatchurohman.

Timnas U19 dengan dua penyerang sayap, Maldini Pali dan Ilham Udin Armaiyn, lebih mendominasi jalannya pertandingan. Namun, mereka kesulitan untuk kembali menguji penjaga gawang Laos, Bounpaseuth Niphavong. Kebuntuan terus bergerak meski ada beberapa kesempatan melalui bola mati.

Garuda Muda memperlebar jarak di menit 51. Evan Dimas melepaskan umpan gemilang yang dituntaskan dengan baik pula, oleh Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Selang dua menit, Maldini Pali yang menusuk masuk kotak penalti, tidak bisa mengelabui Niphavong.

Bencana bagi Laos bertambah ketika Phithack Kongmathilath menginjak paha Mahdi Fahri Albaar. Kartu merah diberikan pada penyerang utama ini. Alhasil pasukan Chandalaphone Liepvisay dibuat kesulitan berkembang.

Menit 72, Ilham Udin nyaris memperbesar skor. Namun, tembakannya masih mentah oleh aksi Niphavong. Kesempatan lain didapatkan pemain yang sama, selang tiga menit berkat umpan silang Fahri Albaar.

Laos makin pincang ketika Xouxana Sihalath mendapatkan kartu merah 10 menit sebelum laga berakhir. Jebollah gawang Niphavong selang tiga menit setelah Maldini Pali bergerak cepat, tidak serakah, menyodorkan bola pada Paulo Sitanggang yangmengecoh satu bek, sebelum melepaskan tembakan ke gawang Laos. 3-0.

Berkat sebuah serangan kilat, Evan Dimas mencatatkan golĀ  di menit 90. Namun, tidak ada gol kelima dalam laga ini. Skor akhir 4-0, dan Indonesia menyejajarkan diri dengan Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *