Indonesia Lolos dari Sanksi AFC

Sepak Bola Indonesa

Sepakbola Tanah Air dapat bernapas lega setelah Indonesia terbebas dari sanksi AFC. Sebelumnya, Indonesia terancam sanksi akibat ulah suporter yang menyalakan kembang api pada laga persahabatan internasional kontra Belanda, Jumat 7 Juni 2013.

Lolosnya Indonesia dari jeratan sanksi karena pertandingan melawan Belanda merupakan laga persahabatan yang digelar oleh PSSI dan tak masuk ke kalender resmi turnamen AFC.

PSSI sudah disanksi oleh AFC dengan denda sebesar US$15 ribu atau senilai Rp146 juta saat laga Pra Piala Asia 2015 yang mempertemukan Indonesia dan Arab Saudi pada 23 Maret 2013 lalu akibat sebab yang sama.

Lewat surat bernomor AFC/7711/legal/ij yang dikirimkan AFC kepada PSSI, dijelaskan sanksi hanya berlaku dalam pertandingan resmi yang masuk dalam kalender AFC.

“Sedangkan laga persahabatan melawan Belanda adalah pertandingan yang digelar oleh federasi. Jadi, PSSI lepas dari sanksi,” kata Foreign Affairs Officer PSSI, Azwan Karim.

Meski bebas dari ancaman sanksi, Azwan tetap menyayangkan sikap suporter yang tidak disiplin dengan tetap menyalakan kembang api di dalam stadion. Ia berharap agar suporter bisa lebih dewasa dalam pertandingan resmi AFC.

“Saya berharap suporter bisa lebih terkendali dan jangan menyalakan kembang api di dalam stadion. Kalau masih terjadi, kita terancam akan menggelar laga tanpa penonton pada pertandingan resmi AFC. Tentunya itu akan merugikan Indonesia,” jelas Azwan.

Untuk mengontrol perilaku suporter pada pertandingan-pertandingan berikutnya, Azwan menjelaskan, pihak panitia pertandingan akan memperketat pengamanan di luar dan dalam stadion.

“Keamanan di pintu stadion akan diperketat. Selain itu, penonton harus paham dengan aturan-aturan yang ada selama menonton di dalam stadion,” tegas Azwan.

Dari pantauan VIVAbola dari dalam stadion, ketika laga Indonesia melawan Belanda berlangsung, kembang api menyala dari delapan titik di tribun atas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Beruntung, asap dari kembang api tersebut tidak mengganggu jarak pandang para pemain di dalam lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *