Hasil Piala Konfederasi 2013 : Italia vs Brazil 2-4

Diamanti-Alves-640x346

Skor 2-4 menjadi hasil akhir pertandingan Grup A Piala Konfederasi 2013 antara Italia vs Brazil di Arena Fonte Nova, Minggu (23/6/2013) dini hari WIB. Dengan hasil ini, maka Brazil menjadi juara grup A dengan raihan poin sempurna. Sedangkan Italia lolos ke semifinal sebagai runner-up grup.

Tuan rumah Brazil yang bermain dengan skuad inti langsung bermain menekan Italia yang tampil tanpa dua pilarnya, Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi, di laga ini. Baru berjalan 55 detik, Gianluigi Buffon sudah berjibaku menepis bola tendangan Hulk.

Italia sempat membalas di menit 17. Claudio Marchisio yang memenangi duel dengan Hulk di sisi kiri mengirim umpan ke depan gawang yang gagal diselesaikan Mario Balotelli. Berikutnya, umpan bagus dari Oscar juga gagal disempurnakan Neymar menjadi gol.

Hingga menit ke-34, kedua tim sudah melakukan tiga pergantian pemain. Riccardo Montolivo dan Ignazio Abate ditarik keluar karena cedera dan digantikan Emanuele Giaccherini dan Christian Maggio. Satu lagi adalah David Luiz yang menderita cedera dan tugasnya digantikan oleh Dante.

Bermain tanpa Pirlo dan De Rossi membuat permainan Italia sama sekali tak berkembang. Terlihat jelas para pemain pelapis seperti Alessandro Diamanti dan Antonio Candreva belum bisa menggantikan peran dua pemain itu dengan baik.

Di akhir babak pertama, Brazil akhirnya meraih gol pertama. Tendangan bebas Neymar disambut tandukan terarah Fred. Bola ditepis Buffon namun bola muntah disambar oleh Dante. Skor berubah menjadi 0-1 meski dalam replay terlihat Dante sudah ada dalam posisi off-side saat bola ditanduk oleh Fred.

Brazil masih saja dominan di babak kedua. Baru beberapa detik laga berjalan, kerjasama Fred dan Oscar masih bisa dibendung Buffon. Berikutnya saat sontekan Fred hanya berakhir di jala atas gawang Italia.

Namun sebuah serangan balik Italia yang diawali tendangan gawang Buffon berbuah manis. Sebuah flick pass dari Balotelli meloloskan Emanuele Giaccherini di kotak penalti Brazil dan kemudian bola hasil tendangan keras Giaccherini tak mampu dibendung Julio Cesar. 1-1!

Empat menit kemudian Brazil kembali memimpin. Neymar mencetak gol ketiganya di turnamen ini setelah bola tendangan bebas yang ia lepaskan di depan kotak penalti Italia gagal dicegah Buffon.

Pertahanan Italia setelahnya menjadi begitu rapuh. Hal itu dimanfaatkan Brazil untuk mengemas gol ketiga di menit 66. Umpan jauh dari Marcelo diterima dengan baik oleh Fred yang lantas mengalahkan Giorgio Chiellini dalam duel sebelum melesakkan bola dengan tendangan kaki kirinya.

Italia tak menyerah dan berhasil menipiskan skor di menit 71. Kemelut terjadi di depan gawang Brazil menyusul sepak pojok yang dilepaskan Antonio Candreva. Situasi itu dimanfaatkan Giorgio Chiellini yang sukses mencetak gol bagi Italia. Wasit sebenarnya sudah meniup peluit menunjuk titik putih setelah Balotelli dilanggar di kotak penalti dalam prosesnya. Akan tetapi, saat mengetahui bola tendangan Chiellini berbuah gol, wasit langsung mengesahkan gol tersebut.

Gli Azzurri nyaris saja menyamakan skor di menit 80 saat bola sundulan Maggio masih menerpa mistar gawang Brazil. Menit 82, skema tendangan bebas yang dirancang Candreva juga masih gagal diselesaikan Balotelli.

Perjuangan Italia akhirnya selesai di menit 89 kala Brazil mencetak gol keempatnya. Sebuah tendangan Marcelo berhasil ditepis Buffon. Namun lagi-lagi lini belakang Italia kurang cepat dalam mengantisipasi situasi bola rebound. Dan akhirnya, Fred berhasil mengemas gol keduanya setelah menyambar bola yang ditepis Buffon.

Data Pertandingan:

Italia 2-4 Brazil (Giaccherini 51’, Chiellini 71’ / Dante 45’, Neymar 55’, Fred 66’, 89′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *