Hadapi Finlandia, Tim ‘Matador’ Spanyol Pincang

125553_620uara bertahan Piala Dunia, Spanyol, akan bertandang ke Helsingin Olympiastadion, Jumat 7 September 2013 WIB, untuk melawan Finlandia dalam laga kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Sayangnya Vicente Del Bosque tidak bisa membawa sejumlah pemain pilar.

Spanyol tidak membawa Carles Puyol, Gerard Pique, Sergio Busquets, Xabi Alonso, dan Juan Mata. Sebagai gantinya Del Bosque memanggil beberapa pemain muda untuk melengkapi skuad yang ada. “Kami punya pemain pengganti,” kata Del Bosque.

Darah muda matador yang dibawa Del Bosque antara lain adalah Mario Suarez, Koke, dan Isco untuk mengisi absennya Busquets, Alonso, dan Mata. Namun yang mengejutkan adalah ketika Del Bosque memanggil debutan Nacho Fernandez untuk pengganti Pique dan Puyol. “Ia pemain serba bisa,” kata Del Bosque.

“Ia masih muda, agresif, percaya diri membawa bola, dan ia bisa bermain sebagai full-back dan bek tengah. Itulah sebabnya kami memutuskan memanggil Nacho,” Del Bosque menambahkan.

Sementara itu di tim tuan rumah, pelatih Finlandia Mixu Paatelainen mengatakan Spanyol tetap kuat meskipun absennya sejumlah pemain bintang. “Bahkan jika semua pemain inti tidak bermain, mereka tetap tidak lemah,” kata Paatelainen.

Paatelainen juga mengatakan melawan Spanyol timnya kemungkinan akan lebih banyak bertahan dan mencoba menyerang melalui serangan balik. Strategi itu cukup ampuh ketika Finlandia bermain imbang 1-1 melawan Spanyol di Stadion Municipal El Molinon.

“Kami tidak bisa menyerang secara gila-gilaan, karena Spanyol sangat berbahaya saat menguasai bola. Mereka tim yang hebat, tapi melihat hasil yang kami peroleh di Gijon, mengindikasikan kami bisa mengimbangi tim terbaik di dunia,” ucap Paatelainen.

Spanyol saat ini berada dipuncak klasemen Grup I dengan 11 poin dari lima pertandingan, beda satu poin dengan Prancis di posisi kedua. Adapun Finlandia berada di tempat ketiga dengan enam poin dari lima pertandingan.

Perkiraan susunan pemain kedua tim:

Finlandia:
Maenpaa; Arkivuo, Moisander, Pasanen, Raitala; Ring, Tainio, Eremenko, Schuller; Hamalainen; Pukki

Spanyol:
Casillas; Arbeloa, Ramos, Albiol, Jordi Alba; Xavi, Javi Garcia, Iniesta; David Silva, Torres, Fabregas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *