Gol Tunggal Gilardino Muluskan Langkah Italia

FBL-WC2014-ITA-BGR

Italia kembali memetik poin penuh saat menjamu Bulgaria di kandang sendiri lewat kemenangan tipis 1-0 (6/9). Gol semata wayang Italia dicetak oleh Alberto Gilardino pada menit ke-38.

Meski tampil tanpa striker andalan Mario Balotelli, Italia tetap mendominasi jalannya laga lewat kombinasi bola-bola panjang yang diinisiasi oleh Andrea Pirlo. Akan tetapi rapatnya pertahanan tim tamu membuat peluang-peluang yang diciptakan harus kandas.

Gol pun baru tercipta saat babak pertama menyisakan tujuh menit lagi. Melalui crossing kaki kiri Antonio Candreva, striker Alberto Gilardino sukses menanduk bola ke pojok kiri gawang Bulgaria yang tidak mampu dihalau oleh kiper Nikolay Mihaylov.

Memasuki babak kedua, pelatih Italia, Cesare Prandelli lebih menginstruksikan para pemainnya untuk bermain lebih pasif dan menurunkan tempo permainan.

Pergantian pemain yang dilakukan Prandelli pun cukup menjelaskan itu. Ia lebih memilih untuk mengganti kedua bek sayapnya yakni Luca Antonelli serta Ignanzio Abate dengan Davide Astori dan Christian Maggio demi mereduksi serangan-serangan dari sisi sayap lawan.

Babak kedua pun berjalan cukup alot. Keunggulan 1-0 milik Italia pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan ini membuat Italia kini hanya membutuhkan satu kemenangan lagi demi meraih satu tiket ke Piala Dunia 2014. Gli Azzurri kini unggul tujuh poin dari pesaing terdekatnya, Bulgaria, yang mengantongi 10 poin.

Sementara itu, kekalahan ini membuat perebutan tiket play-off di grup B semakin panas. Bulgaria kini harus bersaing dengan Rep. Cheska, Armenia, dan Denmark yang hanya berselisih satu poin saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *