Gol Cepat Ibra Mantapkan Swedia di Posisi Dua

ibraafpZlatan Ibrahimovic menjadi pahlawan kemenangan Swedia atas Kazakhstan di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014. Swedia menang 1-0 berkat gol tunggal Ibra.

Di Astana Arena, Rabu (11/9/2013) dinihari WIB, satu-satunya gol muncul di menit-menit awal pertandingan yang berjalan di markas Kazakhstan tersebut.

Saat laga baru berjalan 27 detik, Ibra langsung berhasil menjebol gawang tuan rumah. Sejak Hjalmar Lorichs menjebol gawang Finlandia di detik ke-12 dalam laga friendly tahun 1912, baru kali ini lagi ada gol secepat itu.

Kazakhstan kemudian berusaha merespons gol Ibra tersebut dengan menekan lewat sisi sayap, kendatipun tuan rumah gagal menyulitkan kiper Swedia Andreas Isaksson.

Ibra sendiri mendapat beberapa kesempatan lain untuk mencetak gol, di antaranya melalui sejumlah tendangan bebas di sekitar wilayah penalti. Namun, tak ada gol lain yang tercipta.

“Kami tidak bermain seperti yang kami inginkan tapi sejujurnya aku tidak memedulikan itu sekarang,” kata Pelatih Swedia Erik Hamren seperti dikutip Reuters.

Hasil ini mengokohkan posisi Swedia di posisi dua klasemen Grup C dengan 17 poin dari delapan laga. Jerman masih memuncaki klasemen dengan 19 poin dari tujuh laga, sedangkan Austria menempati posisi tiga dengan 11 poin dari jumlah laga sama.

Di partai lain kualifikasi Piala Dunia zona UEFA, Denmark juga memetik kemenangan tandang 1-0 ketika melawat ke markas Armenia. Gol dibuat oleh Daniel Agger dari titik putih di menit ke-73, sesaat setelah pemain tuan rumah Varazdat Haroyan dikartu merah.

Hasil itu membuat Denmark untuk sementara menduduki posisi dua klasemen Grup B dengan 12 poin dari delapan pertandingan, tertinggal lima angka dari pemuncak klasemen Italia. Namun, posisi Denmark masih bisa berubah lagi seiring dengan sejumlahnya laga yang baru dimainkan di grup ini.

Susunan Pemain

Kazakhstan: Andrey Sidelnikov; Mark Gorman, Aleksandr Kislitsyn, Kairat Nurdauletov, Viktor Dmitrenko, Maxat Baizhanov (Marat Khairullin 77′), Andrey Finonchenko, Dmitriy Shomko, Anatoli Bogdanov, Valeri Korobkin, Sergei Khizhnichenko (Aleksey Shchetkin 90′).

Swedia: Andreas Isaksson; Per Nilsson, Martin Olsson, Mikael Antonsson, Adam Johansson, Albin Ekdal, Sebastian Larsson (Jimmy Durmaz 70′), Anders Svensson (Kim Kallstrom 87′), Alexander Kacaniklic, Zlatan Ibrahimovic, Johan Elmander (Tobias Hysen 81′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *