Gigit Ivanovic, Suarez Panen Kecaman

suarez gigitPenyerang Liverpool, Luis Suarez, mendapat banyak kecaman dari berbagai pihak atas tindakan tak terpujinya kepada pemain bertahan Chelsea, Branislav Ivanovic, ketika keduanya bertemu di Anfield, Minggu lalu, 21 April 2013. Kecaman datang dari pelatihnya, petinggi klub, dan pejabat Asosiasi Pemain Bola Profesional (PFA).

Suarez tengah mengejar umpan terobosan Stewart Downing, yang diarahkan ke kotak penalti Chelsea. Ketika hendak mengontrol bola, Suarez dihadang Ivanovic. Walhasil, si kulit bundar menjauh dari kaki Suarez. Setelah itu, Suarez langsung menggigit lengan bek internasional Serbia itu. Momen tersebut terjadi pada menit ke-68.

Beruntung, Suarez tidak diganjar kartu kuning oleh wasit Kevin Friend, meskipun Ivanovic menunjukkan bekas gigitan mantan pemain Ajax Amsterdam itu. Insiden memalukan itu membuat pelatihnya, Brendan Rodgers, geram. “Perilakunya tidak dapat diterima,” katanya selepas pertandingan. “Saya telah membuat Suarez menyadari hal ini.”

Direktur Liverpool, Ian Ayre, juga merasakan hal yang sama dengan Rodgers. Tindakan Suarez, kata Ayre, telah membuat nama Liverpool tercoreng. “Perilakunya tidak cocok buat pemain yang mengenakan seragam Liverpool. Suarez menyadari ia telah membiarkan dirinya dan semua orang diasosiasikan dengan klub bawah,” ujarnya.

Ketua PFA, Gordon Taylor, pun tak mau ketinggalan mengecam Suarez. Taylor menyatakan, tindakan pemain, yang tengah diincar Bayern Muenchen, itu sangat menjijikkan. “Itu tidak dapat diterima,” ujar mantan pemain internasional Inggris ini. “Itu adalah tindakan yang memalukan untuk seorang pemain yang merupakan pemain sepak bola hebat.”

Ini adalah kedua kalinya Suarez menggigit pemain lawan. Ketika masih berseragam Ajax, ia kedapatan menggigit pemain PSV Eindhoven, Otman Bakkal, pada November 2011. Atas insiden itu, pemain yang memulai kariernya bersama klub kampung halamannya, Nacional, ini dicap sebagai “kanibal Ajax” oleh surat kabar Belanda, De Telegraaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *