Galatasaray Menang 3 – 2 vs Real Madrid

galatasaray vs real madrid 3Sesuai prediksi banyak pihak, Real Madrid tetap memastikan tiket ke babak semifinal meski harus tampil di kandang Galatasaray pada leg kedua babak perempat final Liga Champions. Kendati demikian, langkah Madrid di Stadion Ali Sami Yen (Turk Telekom Arena) tidak mulus. Madrid harus rela pulang dengan kekalahan 2-3 dari Istanbul, (9/4).

Keunggulan 3-0 pada leg pertama di Santiago Bernabeu memang menguntungkan Madrid. Akibatnya, kekalahan pada laga kali ini pun tetap memuluskan laju Madrid ke semifinal untuk tahun ketiga secara beruntun dengan mengantongi agregat 5-3.

Meski tampil tanpa Sergio Ramos, Iker Casillas dan Xabi Alonso, skuad Jose Mourinho tetap mampu menampilkan permainan agresif. Tekanan publik tuan rumah pun tak menyurutkan semangat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk tetap mengejar gol tambahan.

Terbukri laga baru berjalan tujuh menit, Madrid sudah mampu membukan keunggulan melalui sontekan Cristiano Ronaldo memanfaatkan bola umpan silang mendatar Sami Khedira. Gol itu sekaligus menambah koleksi Ronaldo menjadi 10 pada musim ini dan kokoh bertengger di puncak daftar top skorer sementara Liga Champions.

Namun, usai mencetak gol cepat penampilan Madrid justru mulai mengendur. Kebalikan dengan Galatasaray yang kian berani menekan pertahanan tamunya. Meski begitu, upaya tuan rumah masih belum berhasil hingga jeda pertandingan.

Baru pada babak kedua peruntunga Galatasaray membaik. Tekanan demi tekanan yang dilancarkan mulai membuat gawang Madrid yang dikawal Diego Lopez terancam. Madrid sendiri mash bisa menekan beberapa kali melalui serangan balik.

Termasuk saat Ronaldo memperoleh peluang emas pada menit ke-56. Sial bagi winger asal Portugal itu, sontekan di depan gawang masih tipis melebar di sisi kanan gawang Fernando Muslera.

Kegagalan itu akhirnya harus dibayar mahal oleh Madrid. Pada menit ke-58, Emmanuele Eboue mampu menyamakan kedudulan melalui tendangan keras dari luar kotak penalti menyambut assist Wesley Sneijder.
Gol itu membuat semangat tuan rumah semakin meninggi. Hingga gol kedua Galatasaray pun hadir pada menit ke-71. Kali ini giliran Sneijder sendiri yang menceploskan bola ke gawang bekas klubnya setelah sempat menerima sodoran dari Sabri Sarioglu.

Publik tuan rumah seakin bergemuruh saat Galatasaray menambah keunggulan semenit setelahnya. Didier Drogba tak mau ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor usai menyambut bola silang dari Norrdin Amrabat dengan sontekan tumitnya. Inilah gol ke-40 Drogba di Liga Champions dan yang pertama sejak laga final bersama Chelsea pada 2010.

Menjelang akhir laga, Galatasaray diuntungkan dengan kartu merah yang diterima bek Madrid, Alvaro Arbeloa. Namun, tuan rumah tetap gagal menambah dua gol yang dibutuhkan untuk lolos. Justru Madrid yang mengunci laga dengan satu gol tambahan melalui Ronaldo pada masa injury time. Skor akhir pun menjadi 3-2 tetap untuk Galatasaray. Namun Madrid tetap lolos dengan agregat 5-3.

Bagi Madrid, kekalahan ini buka yang pertama. Sepanjang rekor pertemuan dengan Galatsaray, sekarang sudah dua kali Madrid merasakan kekalahan, dan keduanya terjadi di Istanbul. Kekalahan pertama tercipta pada babak perempat final musim 2000-01 dengan skor 2-3. (irawan)

Susunan Pemain
Galatasaray: Muslera; Eboué (Elmander (80), Gökhan Zan, Semih Kaya, Riera; Inan, Felipe Melo, Altintop (Amrabat 46), Sneijder; Drogba, Umut Bulut (Sarioglu 63).

Real Madrid: Diego López; Essien (Arbeloa 31), Varane, Pepe, Coentrao; Khedira, Modric; Özil (Albiol 81), Di María, Ronaldo; Higuaín (Benzema 73).

Statistik
Ball-possessions: 55-45
Shots: 10-6
Shots on goal: 7-3
Corner: 4-3
Offside: 2-3
Pelanggaran: 20-13
Kartu kuning: Sneijder 20, Eboue 45, Amrabat 90+4 (Galatasaray) – Arbeloa 89 (Madrid)
Kartu merah: Arbeloa 90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *