Firman Absen, Persib Ajukan Banding

Firman Utina

Persib Bandung langsung melakukan banding kepada PT Liga Indonesia terkait absennya Firman Utina pada laga melawan Pelita Bandung Raya (PBR) di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (11/6).

Larangan bermain untuk Firman tertuang dalam keputusan PT Liga Indonesia (LI) nomor 0561 tertanggal 26 April 2013, tentang koreksi regulasi Kompetisi ISL  2012/2013 pasal 58 ayat 8 tentang kartu kuning dan kartu merah yang diberikan kepada Firman saat dijamu Arema Malang beberapa waktu lalu.

Manajer Persib Umuh Muchtar berharap hukuman dapat dicabut. Menurutnya, kartu merah itu tidak layak didapat Firman. Karena saat itu, bola dalam keadaan fifty-fifty dan terjadi benturan yang wajar. Usai laga, kaki Firman justru terlihat bengkak. Sementara Egi Melgiansyah, pemain lawan yang beradu fisik dengannya, tidak mengalami cedera apapun.

“Firman sudah minta maaf. Dia juga sudah bicara tidak ada unsur kesengajaan. Saat itu kedua pemain sama-sama mengejar bola,” jelas Umuh.

Firman pun sudah menjalani larangan satu kali bertanding saat Persib dijamu Gresik United. Seharusnya dia sudah bisa bertanding saat laga kontra PBR.

“Kalau aturan, saya tidak mempermasalahkan. Yang buat kita keberatan itu kartu merahnya. Kita sudah bikin surat banding. Sekarang tunggu tanggapannya sampai besok,” tandas Umuh.

Sementara itu, Firman sendiri mempertanyakan regulasi baru yang dikeluarkan PT Liga Indonesia mengenai larangan bertanding akibat akumulasi kartu kuning dan merah yang dia terima.

“Saya tidak tahu tiba-tiba di putaran kedua berlaku tentang akumulasi kartu dan kartu merah. Kalau ada perubahan, harusnya ada pemberitahuan kepada manajemen atau pelatih, jadi kita tahu. Tidak ada komunikasi yang sinkron, padahal kita sedang belajar menjadi profesional,” keluh Firman.

“Saya sudah siap main di pertandingan besok, tapi pada kenyataannya saya tidak bisa main. Tentu ada beban tersendiri buat saya. Saya ingin sekali main. Saya sangat kecewa. Yang jadi pertanyaan sekarang kenapa hal tersebut baru berlaku di putaran kedua,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *