FIFA Akan Tinjau Kembali Rencana Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar

1379966168Federasi sepak bola dunia, FIFA, memastikan akan menggelar diskusi khusus, dalam sesi pertemuan komite eksekutifnya, untuk membahas kembali penetapan waktu pagelaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

FIFA mengumumkan, Senin (23/9), bahwa rapat itu akan digelar pada 3 sampai 4 Oktober. Dalam berbagai topik yang akan dibahas, terdapat topik tentang “masa perhelatan Piala Dunia Qatar”.

Pada Juli silam, Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengatakan bahwa dia akan membawa permasalahan Piala Dunia Qatar 2022 di rapat komite eksekutif berikutnya.

Adapun pekan lalu federasi sepak bola Eropa, UEFA, sepakat mengakui bahwa “mustahil” menggelar turnamen empat tahunan itu pada musim panas mengingat suhu dan cuaca di Timur Tengah, meski Qatar sudah berjanji akan membangun stadion yang dilengkapi dengan pendingin ruangan khusus.

UEFA, yang juga mewakili klub-klub sepak bola Eropa itu, menambahkan bahwa pihaknya terbuka untuk membahas pemindahan jadwal Piala Dunia dari yang lazimnya digelar pada Juni hingga Juli. Sebelumnya klub-klub Eropa cemas jika Piala Dunia akan digelar pada musim dingin, karena bisa mengganggu jadwa liga-liga domestik mereka.

Qatar, pada Jumat (20/9), berusaha meyakinkan negara-negara Eropa bahwa pihaknya bisa menggelar Piala Dunia pada musim panas, dengan memasang sistem pendingin ruangan khusus untuk stadion, yang juga ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *