Fakta Barcelona vs PSG

Barcelona vs PSGParis Saint-Germain (PSG) mengusung dua misi utama saat bertandang ke Camp Nou menghadapi Barcelona di pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions, Rabu 10 April 2013 (Kamis dinihari WIB). Kemenangan di laga nanti akan menjadi sejarah tersendiri bagi PSG.

Klub kaya Prancis milik Qatar Investment Authority (QIA) tersebut memang berambisi memetik kemenangan demi memuluskan langkah mereka menuju ke semifinal sebagai bagian dari ambisi mereka meraih gelar Liga Champions musim ini sekaligus yang pertama bagi mereka.

Sepanjang berdirinya sejak 1970, PSG belum pernah sekalipun menjuara Liga Champions yang merupakan kompetisi paling bergengsi di Eropa. Pencapaian terbaik PSG di kancah Eropa adalah kala memenangi turnamen kasta dua, Liga Europa pada tahun 1996.

Dengan hasil imbang 2-2 di laga pertama pekan lalu, tidak ada jalan lain jika Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan harus memetik kemenangan di laga nanti demi memuluskan ambisi mereka. Target meraih kemenangan juga menjadi ambisi PSG menghapus rekor buruk tim-tim Prancis di Camp Nou.

Pasalnya, belum ada satupun klub Prancis yang sanggup mengalahkan Barcelona di Camp Nou di ajang Liga Champions. Dari lima pertemuan dengan tim Prancis, Barcelona memetik empat kemenangan dan satu hasil imbang di stadion kebanggaa mereka tersebut.

Satu-satunya tim yang bisa menahan imbang Barcelona di Camp Nou adalah calon lawan mereka, PSG pada Liga Champions musim 1994-1995. Keduanya bermain imbang 1-1. Barcelona pernah kalah dari tim Prancis hanya di ajang Piala Winner melawan Metz pada 1984 silam.

Bekal Penting PSG Tandang ke Camp Nou
Bertandang ke Camp Nou, para penggawa PSG memiliki kepercayaan diri tinggi bisa menyingkirkan Barcelona yang menjadi pihak yang paling diunggulkan. Kepercayaan diri para pemain PSG bukan tanpa alasan. Berikut ini data dan fakta PSG di ajang Liga Champions seperti dilansir Eurosport:

PSG tidak terkalahkan di tujuh pertandingan terakhir mereka di Liga Champions. Ini prestasi terbaik kedua PSG di ajang Liga Champions. Sebelumnya, PSG tercatat tidak terkalahkan di delapan laga Liga Champions di musim kompetisi 1994-1995.

PSG hanya menelan dua kekalahan dari tujuh laga tandang mereka ke tim-tim Spanyol. Mereka meraih empat kemenangan melawan Real Madrid, Deportivo la Coruna , Valecia dan Valencia. Serta satu hasil imbang melawan Barcelona.

PSG musim ini memenangi tiga laga tandang terakhir di Liga Champions. Yaitu saat melawan Dinamo Zagreb, Dynamo Kiev di babak penyisihan dan Valencia di babak 16 besar. PSG bahkan mampu mencetak dua gol di setiap laga tersebut.

19 gol yang dicetak PSG di Liga Champions musim ini tercipta dari dalam kotak penalti. Ini jumlah yang paling banyak yang bisa diraih tim-tim lainnya.

Striker andalan PSG, Zlatan Ibrahimovic sudah menyumbangkan enam assist di Liga Champions musim ini. Ini jumlah terbanyak dari yang bisa dibukukan oleh pemain lain di ajang ini. Sehingga tidak heran jika Ibra bakal menjadi pemain kunci di laga nanti.

Bek PSG, Thiago Silva juga diprediksi bakal menjadi pemain kunci di laga nanti. Pasalnya pemain asal Brasil itu tercatat pemain yang paling sukses dari pemain lain dalam merebut bola dari lawan (33 kali) sepanjang Liga Champions musim ini.

Catatan Fantastis Bercelona
Namun tidak mudah bagi PSG untuk menundukkan Bercelona di Camp Nou. Apalagi Carles Puyol dan kawan-kawan sedang dalam kondisi puncak. Ditambah mereka juga mencatatkan rekor fantastis setiap berlaga di Liga Champions, di Camp Nou dan melawan tim-tim Prancis. Yaitu:

Barcelona tidak terkalahkan di 20 pertandingan kandang terakhir mereka di ajang Liga Champions (16 menang dan 4 imbang). Kekalahan terakhir mereka di Camp Nou saat ditekuk tim Rusia, Rubin Kazan 1-2 di Liga Champions musim 2009-2010.

Dari 11 pertemuan dengan tim-tim asal Prancis, Barcelona selalu sukses mencetak gol. Fakta ini patut diwaspadai pihak PSG. Apalagi Barcelona diketahui selalu sukses mencetak gol pembuka dari empat pertemuan dengan PSG sebelumnya di kancah Eropa.

Barcelana tercatat membukukan penguasaan bola hingga 73,7 persen di Liga Champions. Jumlah ini lebih banyak dari yang bisa dilakukan oleh tim-tim lain yang berkiprah di ajang ini.
Catatan mengesankan kedua kubu membuat laga dinihari nanti diperkirakan bakal berlangsung sengit dan panas. Tidak bisa dipungkiri, dari empat laga perempat final yang ada, laga ini yang paling dinantikan karena kekuatan kedua tim yang dianggap relatif seimbang. Layak disimak, tim manakah yang akhirnya sukses melaju ke babak selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *