Eropa U-21: Italia Singkirkan Belanda

belanda vs italiaItalia mengungguli Belanda 1-0 di semi-final Kejuaraan Eropa U-21, Sabtu (15/6) malam, sehingga lolos ke babak puncak menantang Spanyol.

Italia mampu melindungi pertahanan mereka dari tekanan pemain Belanda sepanjang babak pertama. Pada menit kelima, Belanda memperoleh peluang berupa tendangan bebas sedikit di luar kotak penalti setelah Marco Verratti melakukan handball. Eksekusi tendangan bebas Adam Maher menghantam tiang luar dan mental kembali ke lapangan permainan.

Melalui permainan Kevin Strootman dan Marco van Ginkel yang lebih aktif menopang serangan, Belanda kian mendominasi pertandingan. Italia hanya sesekali melakukan serangan balik sambil melancarkan adu urat syaraf dengan sejumlah pelanggaran. Ola John menolak menyambut uluran tangan Alessandro Florenzi yang menjatuhkannya di pinggir lapangan. Tak terima, Florenzi menunjuk-nunjuk tulisan “respect” yang tertera di lengan kostum pemain.

Peluang Italia muncul melalui serangan balik yang dimotori Lorenzo Insigne. Pemain mungil asal Napoli itu melepaskan umpan panjang yang nyaris sukses dimanfaatkan Ciro Immobile. Tapi, tendangan menyilang Immobile dimentahkan kaki Jeroen Zoet. Begitu pun beberapa menit berselang ketika mirip dengan skema serupa tendangan kaki kanan Immobile menyamping.

Akhir babak pertama masih menyisakan sejumlah kesempatan. Daley Blind sukses mengejutkan Francesco Bardi dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola muntah disambar lagi oleh Maher, tapi membentur seorang pemain belakang Italia. Segera setelahnya, Maher dilanggar Insigne di depan kotak penalti. Kali ini eksekusi Maher melebar. Peluang itu menandai akhir dari babak pertama pertandingan.

Ritme pertandingan seperti sebelum jeda kembali terulang di babak kedua. Namun, Italia kini lebih percaya diri dengan lini pertahanan mereka setelah sukses menjaga kedudukan tetap tanpa gol. Belanda masih kesulitan memetik peluang meski John dan Georginio Wijnaldum selalu dapat menjadi tumpuan serangan tim di kedua sektor sayap.

Luuk de Jong memperoleh peluang emas memungkas serangan Belanda menjadi gol ketika terlepas menyambut umpan terobosan Van Ginkel. Alih-alih melepas tendangan dengan Bardi sudah berada di hadapannya, De Jong melepaskan bola menyilang ke tengah. Umpan terlambat diberikan karena Van Ginkel sudah terlanjur berlari.

Titik balik pertandingan terjadi ketika Stefan de Vrij mengalami cedera sehingga digantikan dengan Mike van der Hoorn pada menit ke-75. Tiga menit kemudian, petaka bagi Jong Oranje. Van der Hoorn tidak cermat menjaga Fabio Borini yang menerima umpan mendatar Insigne di dalam kotak penalti. Dengan mudah pemain Liverpool itu menempatkan bola melewati jangkauan Zoet.

Belanda mencoba bangkit, antara lain dengan memasukkan Leroy Fer dan menarik keluar Blind. Fer mencetak dua gol di menit-menit akhir pertandingan melawan Jerman dan Rusia sehingga diharapkan kembali menularkan tuah yang sama. Sebuah sundulan bebasnya nyaris saja mewujudkan harapan itu, tapi bola mengarah tepat ke tangkapan Bardi.

Hingga lima menit tambahan waktu habis, kedudukan 1-0 tak berubah untuk Azzurrini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *