Erick Thohir Kuasai 70 Persen Saham Inter Milan

erick-thohir-inter-milan2

Inter Milan akhirnya merilis keterangan resmi. Pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir telah mengambil 70 persen saham di klub tersebut dari tangan Massimo Moratti.  “Erick Thohir akan menjadi pemegang saham pengendali Inter dengan 70 persen,” tulis siaran pers Inter Milan seperti dilansir laman Inter Milan, Selasa (15/10/2013).

Setelah melalui proses yang cukup alot, pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir, akhirnya resmi menjadi pemilik baru Inter Milan. Erick Thohir membeli mayoritas saham yaitu 70 persen klub raksasa Liga Italia Serie A itu dari pemilik sebelumnya, Massimo Moratti. Presiden Inter Milan Massimo Moratti sendiri yang mengabarkan hasil alih-tangan kepemilikan Nerazzurri kepada Erick Thohir.

“Kami telah sepakat dengan Thohir. Semua sudah ditandatangani, Inter kini ada di tangan yang tepat,” ujar Massimo Moratti . Massimo Moratti memang tidak secara gamblang mengungkapkan berapa uang yang harus dikeluarkan Erick Thohir untuk mengakuisisi Inter Milan. Namun, media-media di Italia mensinyalir, pihak Erick Thohir harus merogoh kocek hingga mencapai 3,9 triliun rupiah.

Namun 70 persen saham Inter tak hanya dimiliki Erick Thohir seorang. Saham mayoritas Inter itu dimiliki Erick bersama dengan dua rekannya, Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo, yang tergabung dalam International Sports Modal.

Mereka nantinya bersama keluarga Massimo Moratti akan bekerja sama untuk membuat masa depan Inter yang lebih cerah lagi di Italia, Eropa, dan dunia. Hal ini sesuai dengan filosofi klub sejak pendiriannya pada tahun 1908, yaitu “brothers of the world“.

“Saya yakin sejarah Inter akan semakin kaya ke depannya di musim yang akan datang dengan adanya mitra dari Indonesia yang saya yakin akan banyak memberikan kontribusi positif. Yang paling saya suka dengan rekan baru kami ini adalah antusiasme yang tinggi untuk mengembangkan Inter dan pragmatisme bisnis yang saya yakin akan menjadi nilai tambah bagi masa depan Inter,” kata Presiden Inter Massimo Moratti

“Saya berharap Erick, Rosan, dan Handy bisa menambah jumlah kemenangan Inter sambil terus memenuhi aspirasi dari semua pendukung Inter. Keluarga kami akan terus mendampingi Erick, Rosan, dan Handy bermodalkan ikatan emosional yang tidak akan pudar dengan klub ini dan semua pendukung Inter di seluruh dunia,” tambah Moratti.

Dengan demikian, Erick Thohir saat ini menambah koleksi klub olahraga yang dimilikinya. Sebelumnya, pengusaha kelahiran Jakarta berusia 43 tahun ini sudah memiliki DC United, klub peserta Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Erick Thohir juga merupakan pemilik dari klub basket NBA, Philadelphia 76ers. Selain itu, Erick Thohir pun menjadi salah satu Dewan Direksi PT Bandung Bermartabat (PBB) yang mengelola salah satu klub paling kaya di Indonesia, Persib Bandung.

Inter Milan sendiri merupakan salah satu tim terkuat di Italia. Klub yang pernah merajai Eropa kala dibesut oleh Jose Mourinho ini dihuni oleh sederet pemain kelas dunia seperti Javier Zanetti, Esteban Cambiaso, Diego Milito, Cristian Chivu, Andrea Ranocchia, Walter Samuel, dan masih banyak lagi.

Inter didirikan sejak 1908. Sejak didirikan, Inter kemudian menjelma menjadi tim yang disegani di dunia. Saat ini Inter telah mengoleksi 18 gelar Liga Italia, 3 Piala Champions, 2 Piala Intercontinental, dan 1 FIFA World Cup.

Inter Milan juga mencatatkan dirinya sebagai satu-satunya tim Italia yang tak pernah terdegradasi sejak didirikan. Saat ini, Inter memiliki 20 juta pendukung di Eropa dan 160 juta pendukung di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *