City Mengalahkan West Brown 1 – 0

manchester city vs west browmManchester City makin nyaman di posisi kedua klasemen Liga Inggris setelah mereka mengalahkan West Bromwich Albion. The Citizens menang tipis 1-0 berkat gol semata wayang Edin Dzeko.
Pada pertandingan di Etihad Stadium, Rabu (8/5/2013) dinihari WIB, City menurunkan banyak pemain pelapisnya. Manajer Roberto Mancini membuat banyak perubahan pada starting XI dibandingkan saat menghadapi Swansea City, akhir pekan lalu.

Babak pertama berjalan sangat menarik. Kedua tim bermain terbuka dan tercipta banyak peluang. City bisa unggul satu gol lewat tembakan voli Dzeko.

Di babak kedua, tempo permainan relatif menurun dan tim tamu lebih mendominasi. Tapi, hingga berakhirnya pertandingan, skor tak berubah.

Tambahan tiga angka mengokohkan posisi City di urutan kedua dengan koleksi 75 poin dari 36 pertandingan, unggul tujuh poin atas Chelsea yang menempati posisi ketiga. WBA di posisi kedelapan dengan 48 poin.

Jalannya Pertandingan

WBA lebih dulu mengancam pada menit kedua. Romelu Lukaku melakukan penetrasi ke kotak penalti dan melepaskan tembakan dengan kaki kirinya. Tapi, laju bola bisa dimentahkan Joe Hart.
Berselang dua menit, Lukaku kembali menebar ancaman. Tapi, tembakan menyilang striker Belgia itu dari luar kotak penalti masih melenceng.

Peluang yang didapatkan Lukaku pada menit keenam juga belum berbuah gol. Sundulannya bisa diantisipasi oleh Hart. City mendapatkan kesempatan di menit kesembilan. Carlos Tevez bermain umpan satu-dua dengan Samir Nasri sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi, tembakannya melebar.

Usaha City untuk mencetak gol di menit ke-21 juga tak berhasil. Tendangan bebas Aleksandar Kolarov tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh kiper Boaz Myhill, tapi Jack Rodwell yang mencoba memanfaatkan bola liar tembakannya masih melambung. Tevez hampir saja mencetak gol lima menit kemudian. Dia menyambut operan James Milner dengan tendangan menyilang, tapi bola masih melayang di atas mistar.

Markus Rosenberg tak mampu memaksimalkan kans yang dia peroleh pada menit ke-30. Tembakannya dari dalam kotak penalti City terlalu lemah dan mudah dibaca oleh Hart. Beberapa saat kemudian, Milner juga menyia-nyiakan peluang bagus. Menerima umpan silang Nasri, penyelesaiannya malah melenceng.

Percobaan Tevez pada menit ke-34 nyaris membuahkan gol untuk tim tuan rumah. Namun, sepakan kerasnya dari depan kotak penalti menghantam mistar. City benar-benar mencetak gol pada menit berikutnya. Dalam sebuah serangan balik, Tevez melakukan akselerasi di sisi kanan. Dia kemudian melepaskan umpan silang, yang disambut Dzeko dengan tembakan first time. Bola masuk gawang tanpa bisa dihentikan Myhill.

Milner berpeluang menggandakan keunggulan City di menit ke-44. Tapi, tendangan jarak jauhnya digagalkan oleh tiang gawang. James Morrison mencoba menyamakan kedudukan. Dia melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti, tapi bola mengarah tepat ke pelukan Hart.
Kesalahan di lini belakang WBA nyaris membuahkan gol kedua City di injury time babak pertama. Tevez yang mencuri bola kemudian memberikannya kepada Rodwell. Tapi, finishing Rodwell melambung.

Empat menit setelah babak kedua dimulai, WBA hampir saja menyamakan kedudukan. Tendangan bebas Rosenberg menghantam mistar, sementara sundulan Billy Jones menyambut bola rebound bisa ditepis Hart. Morrison kembali membahayakan gawang City di menit ke-55. Dia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang memaksa Hart membuat penyelamatan.

WBA terus berusaha membongkar pertahanan City. Mereka mendapatkan peluang lagi di menit ke-76 lewat tembakan Rosenberg, tapi Hart bisa mengamankannya. Shane Long yang belum lama berada di atas lapangan juga punya kans untuk mencetak gol. Sial buat dia, bola sepakannya hanya menerpa sisi luar jala gawang City.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk kemenangan City tetap awet.

Susunan Pemain
Manchester City: Hart, Richards, Kolo Toure, Lescott, Kolarov, Garcia, Rodwell (Maicon 77′), Milner, Tevez (Razak 90+2′), Nasri (Barry 73′), Dzeko

WBA: Myhill, Tamas (Long 80′), Dawson, Olsson, Jones, Mulumbu, Morrison, Yacob (Dorrans 71′), Ridgewell, Rosenberg (Odemwingie 77′), Lukaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *