Chelsea Berjuang Memenangi Liga Europa

chelsea vs BaselKepercayaan diri tinggi dihembuskan skuat Chelsea jelang menghadapi Basel pada semifinal kedua Liga Europa di Stamford Bridge, London, Jumat (3/5/2013) dini hari WIB. Gelandang serang Chelsea, Juan Mata, mengaku The Blues tak hanya layak melaju ke final, namun juga sepantasnya memenangi trofi Liga Europa.

The Blues akan menjamu Basel dengan kondisi lebih menguntungkan. Skuat London barat ini melakoni semifinal kedua dengan mengantongi modal berharga kemenangan 2-1 atas Basel pada pertemuan pertama di St Jakob Park, Jumat (26/4/2013) dini hari lalu.
Meski belum sepenuhnya aman, karena Basel bisa mengambil alih kendali, namun Mata menyatakan betapa pentingnya laga ini. Laga ini merupakan jalan timnya mengakhiri musim ini dengan membawa pulang trofi.

Namun, meski penting, Mata mengaku kembali ke Liga Champions musim depan dan tak bermain lagi di Liga Europa juga sama pentingnya. Saat ini, Chelsea berada di urutan tiga klasemen Liga Inggris dan membuka kansnya bermain di Liga Champions musim depan, asalkan dalam empat laga tersisa posisinya tak tergeser Arsenal atau Tottenham Hotspur.

“Tujuan kami adalah memenangi trofi musim ini dan bermain di Liga Champions pada musim selanjutnya,” tutur Mata.

“Chelsea adalah klub yang pantas bermain di Liga Champions setiap musim. Kami bisa melakukannya. Jika kami bermain seperti yang telah kami mainkan, selalu bersama-sama, saya rasa kami bisa melakukan keduanya.”

Chelsea memulai musim ini dengan menjalani kampanye di tujuh kompetisi berbeda. Liga Europa merupakan kompetisi kedelapan yang secara tak terduga diikuti Chelsea karena tersisih dari fase grup pada Liga Champions, awal musim ini.
Aib sebagai juara bertahan yang kali pertama tergelincir di fase grup Liga Champions itulah yang membuat Chelsea lebih fokus dalam mengejar trofi Liga Europa, yang merupakan kasta kedua Benua Biru.

“Setiap saat saya menyaksikan pertandingan di TV dari Liga Champions, saya rasa itu memalukkan,” imbuhnya.
“Tapi, di sisi lain, saya berpikir positif dan merasa kami memiliki kesempatan untuk memenangi trofi yang lain.”

Kendati yakin dengan kemampuan timnya untuk memenangi trofi, Mata mengaku perlunya mewaspadai Basel pada laga semifinal dini hari nanti. Menurutnya, Chelsea tak boleh memandang Basel sebelah mata, meski pada pertemuan sebelumnya telah mengantongi hasil positif.
“Ini akan menjadi laga yang berbahaya. Bahkan meski kami memiliki dua gol tandang, hasil yang hebat, itu akan menjadi semacam pertandingan yang sangat berisiko.”
“Jika kami tidak masuk ke pertandingan dengan memikirkan tentang kemenangan, memikirkan tentang mempertahankannya dengan baik, itu akan menjadi sangat sulit. Kami masih tahu bahwa kami memiliki pertarungan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *