BundesLiga Dikuasai Bayern dan Dortmund

liga jermanSemifinalis Liga Champions Bayern Munich dan Borussia Dortmund mencatatkan kemenangan besar dan total keduanya mencetak sepuluh gol, ketika keduanya tampil gemilang di Liga Jerman pada Sabtu.

Dipertemukan dengan Barcelona di babak empat besar Liga Champions, setelah mengalahkan Juventus pada perempat final Rabu, Bayern yang baru dimahkotai gelar Liga Jerman menaklukkan Nuremberg 4-0 di Allianz Arena Munich meski mengistirahatkan sejumlah pemain bintangnya.

Dortmund menghancurkan tim juru kunci Greuther Fuerth dengan skor 6-1 di mana Jose Mourinho, pelatih lawan mereka di semifinal Liga Champions, berada di Franconia dan menyaksikan pertandingan dari tribun penonton.

Setelah mengonfirmasi gelar Liga Jerman sepekan silam, Bayern memperpanjang rentetan laju tak terkalahkan mereka di Liga Jerman menjadi 20 pertandingan sejak kalah dari Bayer Leverkusen Oktober lalu – satu-satunya kekalahan mereka di liga musim ini.

Nuremberg datang ke Munich dengan rangkaian sembilan pertandingan tidak terkalahkan sebelumnya dan mereka memburu kemenangan perdana di Bayern dalam 21 tahun, namun hanya perlu lima menit untuk menghancurkan harapan mereka.

Bahkan meski bintang-bintang Jerman Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Manuel Neuer, dan Thomas Mueller, pemain Brazil Dante, ditambah penyerang Kroasia Mario Mandzukic diiistirahatkan, Bayern telah unggul 3-0 dalam 25 menit.

Sepakan voli bek Jerman Jerome Boateng membuka keunggulan Bayern pada menit kelima, sebelum bek tengah itu memberi operan terakhir kepada Mario Gomez untuk membuat skor menjadi 2-0 pada menit ke-17.

Pemain bertahan Brazil Rafinha, yang mengisi posisi Lahm di bek kanan, mencetak gol ketiga pada menit ke-24, dengan Franck Ribery menjadi kapten tim untuk pertama kalinya sejak ia bergabung dengan mereka pada 2007.

Keberuntungan Buremberg tidak membaik setelah turun minum, di mana eksekusi penalti gelandang Belgia Timmy Simons dapat digagalkan kiper Bayern Tom Starke, meski melalui kepalanya ketika bola telah melewati hadangan tangannya.

Pemain sayap Swiss Xherdan Shaqiri mencetak gol keempat Bayern pada menit ke-56 setelah mendapat umpan dari Ribery, ketika pelatih Jupp Heynckes memberi debut liga kepada gelandang Denmark 17 tahun Pierre Hojbjerg selama 20 menit terakhir.

Kemenangan ini membuat Bayern mengoleksi 78 angka, unggul 20 angka dari tim peringkat kedua Dortmund dengan lima pertandingan yang belum dimainkan dan hanya terpaut tiga angka dari torehan Borussia, 81 angka dalam semusim Liga Jerman, yang dibukukan tahun lalu.

Setelah kemenangan dramatis 3-2 atas Malaga di Liga Champions pada tengah pekan, Dortmund mengamuk di markas Fuerth di mana dua gelandang Jerman Ilkay Gundogan dan Mario Goetze masing-masing mencetak dua gol pada awal babak pertama yang berakhir dengan skor 5-0.

Fuerth sekarang hanya tertinggal dua pertandingan untuk menjadi tim pertama yang selalu menelan kekalahan pada laga kandang dalam semusim.

Tuan rumah mencetak satu gol balasan saat pertandingan menyisakan 20 menit, namun Robert Lewandoswki mencetak gol keenam Dortmund dengan sepuluh menit tersisa, untuk mempertajam rekor pribadinya menjadi mencetak tujuh gol dari 11 pertandingan liga terakhirnya.

Ia hanya tertinggal lima gol dari rekor gol Liga Jerman milik Gerd Mueller.

Pada Sabtu malam Schalke, tim peringkat keempat, menjamu tim peringkat ketiga Leverkusen dalam pertarungan memperebutkan peringkat ketiga yang otomatis lolos ke Liga Champions untuk musim depan.

Hamburg mengakhiri rentetan tiga kekalahan berturut-turut mereka dengan kemenangan 2-1 di kandang Mainz, di mana penyerang Korea Selatan Son Heung Min mencetak dua gol, sedangkan Bremen bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Fortuna Duesseldorf.

Hoffenheim bermain imbang 2-2 di markas Wolfsburg untuk naik ke peringkat kelima, sedangkan tim papan bawah Werder Bremen bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Fortuna Duesseldorf, di mana kedua tim berada di atas zona degradasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *