Bobol Casillas, Suarez Taklukkan Forlan

suarez4

Uruguay memang takluk 1-2 dari Spanyol dalam laga perdana Grup B Piala Konfederasi 2013 di Recife, Brasil, Senin (17/6/2013), tetapi striker La Celeste Luis Suarez justru menang.

Mencetak gol ke gawang La Roja—julukan timnas Spanyol—yang dikawal Iker Casillas, bukan berarti Suarez menang atas juara dunia 2010 itu.

Pemain yang pada musim lalu merumput bersama Liverpool itu malahan ‘mengalahkan’ rekan satu timnya yang lebih senior di barisan depan Uruguay yakni Diego Forlan.

Gol ke gawang Spanyol itu merupakan gol Suarez yang ke-33 bagi timnas Uruguay. Secara kuantitas, jumlah itu sama dengan yang dicapai Forlan kakek dari Diego Forlan dan merupakan rekor terbanyak bagi juara dunia 1930 dan 1950 itu.

Namun, secara kualitas Suarez berhak menjadi yang teratas sebagai pencetak gol terbanyak bagi timnas Uruguay, karena 33 gol yang dilesakkannya mampu dihasilkan hanya dalam 65 pertandingan.

Dengan kata lain, produktivitas Suarez mencapai 50,77% atau 0,5 gol per pertandingan. Sementara itu, Forlan sampai saat ini telah melakoni 99 pertandingan bersama timnas Uruguay atau tingkat produktivitasnya hanya 33% atau hanya 0,3 gol per pertandingan.

Bersama timnas Uruguay, pemain bernama lengkap Luis Alberto Suarez Díaz itu mencetak gol perdananya pada 13 Oktober 2007 saat menjamu Bolivia di Stadion Centenario, Montevideo, pada babak kualifikasi Piala Dunia 2010.

Indonesia sempat menjadi korban keganasan Suarez ketika dalam laga persahabatan di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 8 Oktober 2010 lelaki kelahiran Salto, Uruguay, 26 tahun lalu itu menjebol gawang Markus Harison tiga kali.

Bahkan, tim sekuat Chile pun pernah dibobolnya sampai empat kali dalam satu pertandingan. Itu terjadi ketika Uruguay menekuk Chile empat gol tanpa balas pada babak kualifikasi Piala Dunia 2014 di Montevideo pada 11 November 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *