Benfica Yakin Dapat Membalikkan Keadaan dan Menuju final

benfica vs fenerbacheBenfica Portugal diliputi keyakinan tinggi mampu membalikkan keadaan atas Fenerbahce. Kekalahan pada pertemuan sebelumnya akan dibalas Benfica saat ganti menjamu Fenerbahce pada semifinal kedua Liga Europa di Estádio do Sport Lisboa, Jumat (3/5/2013) dini hari WIB.

Pada pertemuan sebelumnya, di kandang Fenerbahce, tengah pekan lalu, Benfica harus menerima kenyataan pahit. Gol Egemen Korkmaz di menit ke-72 membuat Benfica takluk 0-1. Meski kalah, pelatih Benfica, Jorge Jesus, yakin timnya mampu membalikkan keadaan. Terlebih, partai penentuan akan dilakoni dengan dukungan penuh para pendukungnya di Lisbon.
“Kami lebih percaya diri saat ini dari pada sebelumnya, karena hasil 1-0 (kalah) masih bisa kami olah,” tutur Jesus.

“Kami akan lebih baik dengan fans kami berada di belakang kami dan saya tak merasa Fenerbahce akan bermain bagus di sini. Kami tahu mereka memiliki hasil bagus saat bermain tandang, tapi kami adalah tim yang lebih kuat di kandang. Jadi kami percaya kami bisa melaju ke final.”

Kekalahan Benfica di Turki memang mengakhiri rentetan 38 kemenangan mereka di segala kompetisi. Namun, Si Elang, julukan Benfica, masih belum terkalahkan dalam 19 laga kandangnya dan hal inilah yang membuat Jesus bertambah yakin.

“Tujuan kami adalah untuk mengubah hasil ini [agregat), 1-0 adalah hasil yang rumit. Namunm kami tahu dan percaya bahwa kami bisa melaluinnya,” imbuh Jesus.

“Kami memiliki pengalaman di kedua kompetisi, baik Liga Champions maupun Liga Europa dan kami tahu seperti apa dalam tahapan ini. Kami tetap tenang dan tak akan mengubah apa pun. Kami sangat percaya diri dan berharap fans akan membantu kami mencapai final. Itulah yang kami inginkan.”

Dalam laga ini, Benfica masih menunggu kebugaran dari Nicolas Gaitan dan akumulasi yang diterima Ola John. Sementara, Fenerbahce kemungkinan tak akan diperkuat Mehmet Topal dan Pierre Webo yang mengalami akumulasi kartu.

Absennya Webo jelas kerugian bagi Fenerbahce. Kendati demikian, pelatih Fenerbahce, Aykut Kocaman, tetap yakin menyusul hasil tak pernah terkalahkan timnya dalam tujuh laga terakhir di Liga Europa.

“Benfica merupakan tim yang lebih berpengalaman dan memainkan banyak laga Eropa. Bahkan, meski kami unggul 1-0 (hasil leg pertama), kans kedua tim dalam laga ini masih sama,” tutur Kocaman.

“Kami menghadapi tim yang sangat kuat, kami memiliki keunggulan satu gol namun kami belum melewatinya. Hal itu hanya akan diketahui setelah 90 atau 120 menit.”
Kocaman juga sadar bahwa pertandingan nantinya bakal berlangsung ketat. Saking, ketatnya tak menutup kemungkinan hasil akhir harus dilalui dalam drama adu penalti. Akan hal ini, ia pun mengaku telah siap.
“Pada sesi latihan terakhir, kami berkerja di penalti, namun yang lebih penting adalah kesiapan mental untuk mengambilnya [tendangan penalti]. Kami tak bermain bagus di game pertama, namun kami bermain dengan cara yang kami mampu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *