Belanda Gilas Hongaria 8-1, RVP Cetak Ha-trik.

vanpersieg

Belanda tampil gemilang saat meluluhlantakkan Hongaria, 8-1, dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup D Zona Eropa, di Amsterdam ArenA, Jumat atau Sabtu (12/10/2013) dini hari WIB. Pada laga itu, striker Robin van Persie menjadi penyumbang gol terbanyak dengan mencetak hat-trick.

Belanda sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Meski demikian, pertandingan melawan Hongaria dihadapi De Oranje dengan serius.Hasil ini membuat Belanda kokoh di puncak klasemen dengan 25 poin. Disusul Turki yang menang atas Estonia 0-2.

Babak pertama Belanda tampil mendominasi. Meski sudah memastikan diri lolos, agresifitas De Oranje terlihat jelas pada laga ini.

Trio Arjen Robben, Jeremain Lens, dan Robin van Persie tampil istimewa dan dengan mudah mengobrak-abrik pertahanan Hungaria yang sontak hanya tampil bertahan.

Robin van Persie mengawali kemenangan Belanda melalui golnya di menit ke-16 usai sundulannya melewati hadangan Adam Bogdan.

Sembilan menit kemudian giliran Kevin Strootman yang menjebol gawang Hongaria. Jeremain Lens yang terlibat di gol pertama kembali berkontribusi dengan kiriman umpan silang ke Strootman.

Lens kemudian mencetak gol ketiga Belanda di menit ke-38, sebelum van Persie menambah golnya dalam pertandingan ini satu menit menjelang turun minum.

Hongaria sempat meraih gol hiburan pada awal babak kedua. Penalti pemain yang pernah berkiprah di Liga Belanda bersama PSV Eindhoven, Balasz Dzsudzsak, mampu merobek jala Belanda yang dikawal Michel Vorm.

Van Persie berhasil mencetak hat-trick pada menit ke-53. Hat-trick ini memastikan RvP menjadi pencetak gol terbanyak De Oranje sepanjang masa dengan 41 gol. Melewati Kluivert. Sang pemain pun langsung menghampiri dan memeluk Kluivert di pinggir lapangan. Belanda unggul 5-1.

Namun, Hongaria kembali menjadi bulan-bulanan Belanda pada sisa waktu pertandingan. Van Persie melengkapi hat-trick seusai mencetak gol pada menit ke-53. Tiga gol tambahan lain dicetak oleh gol bunuh diri Szilard Devecseri (65), Rafael van der Vaart (86), dan Arjen Robben (90). Pertandingan berakhir dengan skor 8-1 untuk Belanda.

Hasil-hasil itu mengokohkan posisi Belanda, yang belum terkalahkan, di pucuk klasemen Grup D dengan 25 poin hasil dari delapan kemenangan dan satu hasil imbang. Sedangkan posisi runner-up grup masih diperebutkan Turki (16 poin), Rumania (16 poin), dan Hongaria (14 poin).

Susunan pemain
Belanda: 23-Michel Vorm; 2-Daryl Janmaat, 3-Jeffrey Bruma, 4-Ron Vlaar, 5-Daley Blind; 6-Nigel de Jong, 8-Kevin Strootman (18-Leroy Fer 81); 7-Jeremain Lens, 19-Rafael van der Vaart, 11-Arjen Robben; 9-Robin van Persie (15-Dirk Kuyt 61)
Pelatih: Louis van Gaal

Hongaria: 1-Adam Bogdan; 2-Richard Guzmics, 3-Vilmos Vanczak, 4-Tamas Kadar (14-Szilard Devecseri 46), 21-Zsolt Korcsmar; 13-Daniel Bode, 20-Tamas Hajnal (6-Akos Elek 46); 8-Jozsef Varga, 7-Balasz Dzcudzsak; 10-Vladimir Koman, 11-Krisztian Nemeth (9-Nemanja Nikolic 79)
Pelatih: Sandor Egervari

Wasit: Martin Atkinson (Inggris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *